Tanggungjawab Murid Kristus

Matius 28:17-20
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 122; 1 Korintus 11; 1 Samuel 10-11

Penyembahan mendatangkan suatu tanggungjawab (Worship brings responsibility). Melalui penyembahan, kita mengakui kuasa yang dimiliki Yesus Kristus, lalu bertindak berdasarkan kuasa yang Ia berikan kepada kita. Pada prinsipnya, penyembahan tidak relevan bagi orang yang malas dan hanya memikirkan diri sendiri; karena penyembahan lebih dari sekedar menyanyikan lagu-lagu rohani, memainlan alat musik, menutup mata dan mengangkat tangan.

Ketaatan (obedience) merupakan prinsip dasar dari penyembahan. Waktu kita tidak bersedia untuk taat, pada saat itu juga sebenarnya kita menolak untuk menyembah Tuhan. Menaikkan pujian dan penyembahan tanpa kesediaan untuk taat dan memikul salib, sama saja "ngegombalin Tuhan" (just lip service).

Perjalanan kita dengan Allah dimulai dengan kata "ikutlah" (follow me) dan berakhir dengan kata "pergilah" (go). Hidup Kristen kita harus dimulai melalui hubungan dengan Allah dan dilanjutkan dengan mengasihi jiwa-jiwa. Seorang murid yang baik bukan hanya datang untuk belajar, tetapi juga pergi untuk menerapkan apa yang telah diajarkan dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain.

Memuridkan orang lain merupakan tanggungjawab kita kepada Tuhan atas apa yang telah Ia ajarkan kepada kita (secara langsung maupun melalui orang lain). Fokus pemuridan terletak pada "ajarlah mereka melakukan". Tidak ada cara yang lebih ampuh dalam belajar kebenaran selain menerapkannya setiap hari.

Seorang bernama Donald Barnhouse pernah berkata: "Cinta yang dipanjatkan ke atas adalah penyembahan. Cinta yang diturunkan ke bawah adalah kasih karunia." Pemuridan merupakan bentuk nyata dari kasih karunia yang diturunkan ke bawah, yang pada akhirnya melihat banyak kehidupan diubahkan oleh prinsip-prinsip kebenaran Kerajaan Allah yang diterapkan secara konsisten.

Tuhan mempercayakan bumi ini untuk dimenangkan melalui kita. Konsistensi kita melakukan kebenaran akan membawa dampak bagi hidup orang lain.

Sumber : Ps. Ferry Felani, S.Th. Pastor of City Gate Apostolic Community

-- 

Seorang pemain sirkus memasuki hutan untuk mencari anak ular yang akan dilatih bermain sirkus. Beberapa hari kemudian, ia menemukan beberapa anak ular dan mulai melatihnya. Mula-mula anak ular itu dibelitkan pada kakinya.

Setelah ular itu menjadi besar dilatih untuk melakukan permainan yang lebih berbahaya, di antaranya membelit tubuh pelatihnya. Sesudah berhasil melatih ular itu dengan baik, pemain sirkus itu mulai mengadakan pertunjukkan untuk umum. Hari demi hari jumlah penontonnya semakin banyak. Uang yang diterimanya semakin besar. Suatu hari, permainan segera dimulai. Atraksi demi atraksi silih berganti. Semua penonton tidak putus-putusnya bertepuk tangan menyambut setiap pertunjukkan. Akhirnya, tibalah acara yang mendebarkan, yaitu permainan ular. Pemain sirkus memerintahkan ular itu untuk membelit tubuhnya. Seperti biasa, ular itu melakukan apa yang diperintahkan. Ia mulai melilitkan tubuhnya sedikit demi sedikit pada tubuh tuannya. Makin lama makin keras lilitannya. Pemain sirkus kesakitan. Oleh karena itu ia lalu memerintahkan agar ular itu melepaskan lilitannya, tetapi ia tidak taat. Sebaliknya ia semakin liar dan lilitannya semakin kuat. Para penonton menjadi panik, ketika jeritan yang sangat memilukan terdengar dari pemain sirkus itu, dan akhirnya ia terkulai mati.

Renungan : “Kadang-kadang dosa terlihat tidak membahayakan. Kita merasa tidak terganggu dan dapat mengendalikannya. Bahkan kita merasa bahwa kita sudah terlatih untuk mengatasinya. Tetapi pada kenyataanya, apabila dosa itu telah mulai melilit hidup kita, sukar dapat melepaskan diri lagi daripadanya.”

Jauhilah Dosa sekecil apapun itu.

--
Citra Diri Plus

2 Korintus 3:18
Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Tyra Banks, seorang model internasional dan juri pada acara America's Next Top Model pernah bercerita, "Di sebuah bar, saya melihat seorang wanita dengan wajah tidak secantik wanita-wanita lain yang ada di situ, namun dia satu-satunya wanita yang paling banyak dihampiri dan dikagumi pria-pria yang datang. Saya lalu mencari tahu kenapa dia bisa seperti itu. Dan wanita itu menjelaskan pada saya bahwa dia berpikir dirinya wanita yang paling menarik serta tercantik di bar itu."

Orang yang berpikir dirinya buruk, lepas dari kualifikasi yang sebenarnya akan menjadikan dirinya buruk. Karena cara kita berpikir menentukan bagaimana kita bertindak. Nilai yang diberikan dunia atas diri kita ditentukan oleh harga yang kita berikan pada diri kita sendiri.

Penampilan sama pentingnya dengan pikiran. Self-confidence comes naturally when your inner life and your outer life are in harmony. Bagaimana kita tampak dari luar akan mempengaruhi cara kita berpikir dan merasa di dalam. Tampillah dengan penampilan yang terbaik dan kita pun akan berpikir dan bertindak dengan cara yang terbaik. Tapi ingatlah bahwa dasar citra diri yang baik bukanlah menanggapi setiap kata-kata negatif dari orang lain maupun diri sendiri, melainkan mendengarkan apa kata Tuhan mengenai siapa kita sesungguhnya, yang diciptakan serupa gambaran-Nya.

Mulailah berpikir tentang siapa Anda, seperti bagaimana Tuhan berpikir tentang Anda!

-

Bukan Superman

1 Korintus 13:3
Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Banyak orang kadang kagum akan kemampuan atau ketrampilan yang dimiliki seorang rekan kerja yang serba bisa. Mengerjakan sistem, managing produksi, ketrampilan berbahasa asing dan melobi, dikuasai dengan sangat baik. Hampir tiap pekerjaan yang ada di tempat kerja dapat ia kerjakan. Sepertinya ia tidak membutuhkan orang lain. Hasil pekerjaannya sering dibilang orang almost perfect. Tapi suatu ketika beban pekerjaannya menumpuk, ia kelelahan, rekan kerja juga enggan membantu karena biasanya ia lebih suka bekerja sendiri. Akhirnya alur pekerjaan terhambat di bagiannya, antri untuk dikerjakan. Ketrampilannya bagai superman yang segala bisa kali itu menciut dan tidak lagi mengundang kagum.

Memiliki berbagai kemampuan itu pasti berkat Tuhan, namun IA memberikannya bukan supaya kita menjadi seorang superman, tapi untuk saling bekerja sama. Bukan juga untuk saling mengunggulkan diri atau merendahkan orang lain, tapi untuk menggunakannya dalam kasih. Seorang yang memiliki keyakinan diri tidak akan takut untuk mengajari orang lain atau merasa tersaingi. Dengan membangun rekan kerja yang lain, kita sedang membagi diri dan berbagi kasih bahkan mengasah karakter kita. Selain itu, kita akan memiliki bantuan saat diperlukan dan pekerjaan menjadi lebih ringan.

Jadikanlah kemampuan dan ketrampilan kita sebagai sarana untuk menjadi berkat bagi orang lain.

Apakah kemampuan yang Anda miliki dapat terealisasi, jika hanya menyimpannya untuk diri Anda sendiri?
-

Jose Mourinho dijatuhi sanksi larangan menemani anak didiknya bertanding plus diwajibkan membayar denda. Hukuman tersebut dia terima sebagai akibat aksi colok mata yang dia lakukan pada asisten pelatih Barcelona.

Dikutip dari Yahoosports, Mourinho dihukum larangan menemani anak didiknya bertanding untuk dua laga. Sementara denda yang dia harus setorkan adalah US$ 800 atau sekitar Rp 7,1 juta.

Meski dijatuhi hukuman, Mourinho akan tetap boleh menemani Iker Casillas cs di pertandingan Liga Spanyol atau Copa del Rey. Sanksi tersebut hanya berlaku di kejuaraan Piala Super Spanyol. 

Komite Disiplin Liga Spanyol menjatuhkan sanksi tersebut menyusul aksi tidak simpatik yang dilakukan Mourinho dalam laga Piala Super Spanyol di awal musim ini. Pelatih asal Portugal itu kedapatan berusaha mencolok mata Tito Vilanova menyusul terjadinya kericuhan di atas lapangan.

Mourinho bukan satu-satunya orang yang kena hukuman dari kejadian tersebut karena Vilanova juga dapat sanksi. Selain hukuman larangan berada di pinggir lapangan untuk satu laga, dia juga didenda US$ 800.

--

Menjadi anggota kabinet pada beberapa presiden, dan kini menjadi Menteri Koordinator Perekonomian dengan predikat menteri paling hebat dari Daniel Sparingga, tidak membuat Hatta Rajasa menjadi besar kepala. Meskipun sudah lama berkecimpung di dunia politik, pria religius ini tidak pernah lupa pengalamannya ketika menjadi pebisnis pemula dan tidak pelit berbagi tips tentang memulai usaha.

Salah satu tips-nya adalah jangan sepelekan tukang sapu di kantor kita. Menurut Hatta, kekuatan tukang sapu itu adalah selalu datang paling pagi di kantor. Oleh karena itu, sebelum operator telepon dan jajaran direksi perusahaan datang, maka seorang tukang sapu sebaiknya disiagakan, termasuk menjadi penerima telepon yang baik.

"Sangat mungkin ada calon rekanan menelpon pagi sekali. Kalau tukang sapunya ogah-ogahan, dan menyuruh orang itu menelpon lagi dua jam kemudian, bisa jadi ada peluang bisnis yang terlepas. Ajari tukang sapu kita cara menerima telepon dengan baik dan tindakan yang diperlukan jika ada calon rekanan, antara lain catat pesan sang penelepon, minta nomor teleponnya, lalu janjikan akan ditelpon 10 menit kemudian," ujarnya tanpa nada mengajari kepada sekitar 100 peserta pelatihan wirausaha industri inovatif di Serpong, Tangerang, kemarin.

Jika tukang sapu dibiarkan tidak diajari cara menerima telepon dengan baik, maka penyesalan akan datang di masa selanjutnya. "Bisa saja, beberapa tahun kemudian, kita bertemu dengan penelepon itu. Dia lalu mengatakan: Pak Hatta, waduh dulu itu saya menelpon kantor Bapak karena ada pekerjaan, tetapi tidak ada orang. Kalau sudah begitu siapa yang rugi," tuturnya memberikan alasan.

Pun begitu juga dengan kebiasan mengangkat telepon semua pegawai, selain tukang sapu. Tipsnya adalah, jangan biarkan telepon berdering dua kali. Pesan utamanya adalah, jangan kecewakan penelepon dengan menunggu lama. Karena siapa tahu, dia adalah orang yang akan memberikan proyek pada perusahaan kita.

Seluruh tips itu diterapkan Hatta ketika 10 tahun menjalani bisnis. Lulusan Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini terkenang kisah manis ketika untuk pertama kali, perusahaannya mendapatkan pekerjaan sederhana bernilai AS$ 22.000 atau sekitar Rp 176 juta. Ini uang yang sangat besar bagi Hatta yang baru saja lulus kuliah ini.

"Jadi kalau sekarang saya menjadi menteri, ini karena saya tersesat menjadi menteri," ujarnya berseloroh dan diikuti tawa geli peserta pelatihan tersebut.

--

Gian Piero Gaseperini dituding sebagai penyebab jebloknya performa Inter Milan di awal musim ini. Ikut berkontribusi besar atas terpuruknya Nerazzurri adalah keputusan klub melepas Samuel Eto'o.

"Eto’o is adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Dia tak bisa digantikan. Saat dia keluar itu menimbulkan masalah untuk Inter karena Eto'o, terutama musim lalu, menutup masalah yang Inter punya dengan gol-golnya," seru mantan striker Inter Alessandro Altobelli di Football Italia.

Setelah dua musim membela Inter, musim panas lalu Eto'o dilego ke Anzhi Makhachkala. Kepergian striker asal Kamerun itu menjadi kehilangan besar di lini depan Nerazzurri karena total dari 101 pertandingan di semua kompetisi dia berhasil menyumbangkan 53 gol plus 22 assist.

Meski La Beneamata kemudian memboyong Diego Forlan dan Mauro Zarate, dua nama tersebut plus Giampaolo Pazzini terbukti belum mampu mengangkat Inter. 

"Tanpa dia kesulitan yang dimiliki Inter mengemuka. Seseorang sepertinya bisa membuat perbedaan di Italia," lanjut pemain yang ikut mengantar Italia menjuarai Piala Dunia 1982 tersebut.

Inter sementara duduk di posisi 17 klasemen sementara dengan mengumpulkan empat poin. Dari lima laga yang sudah dilalui mereka membuat tujuh gol dan kemasukan 11.

--



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s