Bali tengah menjadi sorotan media asing

Bali tengah menjadi sorotan media asing menyusul penangkapan seorang remaja Australia karena kedapatan membawa ganja di Pulau Dewata itu. Sebelumnya situs berita Australia, News.com.au memberitakan seorang pria Australia yang mengaku dipaksa membeli narkoba saat berada di Jalan Legian, Kuta, Bali.

Kini wartawan harian Inggris, The Daily Telegraph, mengisahkan pengalaman serupanya. Jurnalis asing tersebut bahkan menuliskan judul provokatif untuk artikelnya itu. "Bali arrest: Every corner in Kuta a drug store" demikian ditulisnya.

Jurnalis bernama Rosie Squires tersebut bercerita bahwa dirinya didekati oleh beberapa pengedar narkoba saat berjalan kaki di Jalan Legian. "Anda ingin membeli HP?" ujar seorang pria lokal kepada Squires. Ketika jurnalis tersebut menjawab tidak, pria tersebut terus bertanya. "Kaos? Kaos? Kokain?" kata pria tersebut.

Pertanyaan pria itu yang meloncat dari kaos ke kokain mengagetkan Squires sehingga wanita itu mengulang pertanyaan tersebut. "Kokain? Anda ingin kokain atau ganja?" kata pria itu lagi seperti dilansir The Daily Telegraph, Selasa (11/10/2011).

Dikatakan Squires, pria itu adalah pria lokal pertama yang menawarkan narkotika padanya. Setelah itu, dirinya didekati tujuh kali dalam waktu sekitar setengah jam saat menyusuri Jalan Legian. Menurut Squires, para pengedar itu tidak menyebutkan harga, mereka cuma mengatakan: "ganja? ganja?" atau "grass? grass?"

Dikatakan wartawan asing tersebut, masing-masing pengedar berpenampilan serupa. Terlihat fokus, pria-pria paruh baya yang memakai kaos dan celana jeans itu tampaknya hanya ingin mendapatkan uang. Beberapa pengedar bahkan sempat membuntuti Squires hingga beberapa meter sebelum kemudian berhenti.

Menurut Squires, bukan cuma dirinya yang didekati oleh para pengedar narkotika itu. Hal yang sama dialami Brooke Clifford asal Sydney, Australia yang pergi ke Bali pekan lalu. "Saya telah ditawari narkotika berulang kali setiap hari sejak saya tiba," kata wanita berumur 26 tahun itu.

"Para pengedar cuma duduk di pinggir jalan dan mengucapkan 'charlie?' atau 'grass," kata Clifford. "Di kelab-kelab malam, mereka menawarkan narkotika dengan memperlihatkannya pada Anda di tangan mereka. Saya langsung menjauh," tuturnya.

--

Prancis cuma butuh satu poin untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2012. Meski demikian, para punggawa Les Bleus tetap diinstruksikan untuk memburu poin penuh kala bertemu Bosnia-Herzegovina.

Prancis saat ini memimpin klasemen Grup D dengan koleksi 20 poin dari sembilan laga. Mereka unggul satu poin atas Bosnia yang ada di peringkat kedua.

Untuk menentukan siapa yang lolos langsung dan siapa yang harus masuk babak play-off, Prancis dan Bosnia akan berduel di Stade de France, Rabu (12/10/2011) dinihari WIB.

Hasil seri memang sudah cukup buat Prancis untuk menggenggam tiket putaran final. Tapi, pelatih Laurent Blanc tak mau ambil risiko. Dia tetap menginginkan kemenangan.

"Mereka punya pemain-pemain berkualitas. Mereka tampil sebagai tim terkuat di grup bersama Prancis dan di sana ada pemain-pemain yang bermain untuk sejumlah klub terkemuka Eropa," ucap Blanc yang dikutip AFP.

"Kami punya banyak respek untuk Bosnia, tapi kami tak takut. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik dan ingin memenanginya," tambahnya.

"0-0 sudah cukup buat kami, tapi kami masih harus main 90 menit. Untuk duduk dan bermain demi hasil seri bukanlah filosofi saya. Itu akan jadi kesalahan di pihak kami," imbuh Blanc.

Blanc mengaungkapkan bahwa saat ini para pemainnya sangat termotivasi untuk lolos ke Polandia dan Ukraina.

"Memotivasi para pemain adalah hal yang paling mudah. Motivasi datang secara alami," sambung mantan bek Inter Milan dan Manchester United ini. 

"Mereka semua ingin lolos ke Piala Eropa. Mereka tahu bahwa pertandingan ini adalah penentu," pungkasnya.

--

Pujian untuk Lionel Messi atas penampilan yang apik dan konsisten di Barcelona terus mengalir. Setelah David Villa, Messi kini mendapat pujian dari Xavi Hernandez.

Messi terus menunjukkan performa gemilang sejak tiga tahun belakangan. Berkat kontribusinya, El Barca bisa bergelimang sukses seperti sekarang ini.

Beberapa rekor sudah berhasil dipecahkan oleh striker Argentina itu. Atas kerja kerasnya, dua trofi pemain terbaik dunia pun berhasil diraihnya saat usianya masih 24 tahun.

Kehadiran Messi membawa manfaat buat pemain lain. Seperti Villa contohnya, yang mengaku kalau pemilik nomor jersey 10 itu telah membuatnya jadi pemain yang lebih baik.

Sedangkan menurut Xavi, rekannya yang lain, Messi adalah pemain terbaik di dunia saat ini dan salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah.

"Aku tak ragu kalau Messi adalah pesepakbola terbaik di dunia dan salah satu yang terbaik dalam sejarah," ucap Xavi kepada TV3.

"Kami menikmati permainannya di dalam dan di luar lapangan dan apa yang dilakukan dia adalah luar biasa. Messi sangat rendah hati, seorang rekan se-tim yang hebat dan sebuah acuan untuk Barcelona."

Xavi telah berhasil meraih semua titel bersama Los Azulgrana. Lantas, apakah kini dia telah kehilangan rasa lapar untuk kembali meraih sukses?

"Aku mencintai bermain sepakbola dan menang bersama Timnas Spanyol dan Barcelona," sambung pemain tengah Spanyol itu.

"Aku selalu termotivasi. Kami (Barcelona) ingin memenangi lebih banyak titel La Liga, lebih banyak trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antar Klub di Desember. Tim bekerja dengan baik dan kami ingin memenangi semuanya," tuntas Xavi.


--

Karena kartu merah yang didapat di Kualifikasi Piala Eropa 2012, Wayne Ronney hampir dipastikan absen di satu laga putaran final. Demi menghindari jatuhnya sanksi yang lebih berat, sang striker berkirim surat pada UEFA.

Rooney diusir dari lapangan akibat menendang dari arah belakang bek Montenegro, Miodrag Dzudovic, saat kedua tim berhadapan di kualifikasi Piala Eropa 2012. Meski Inggris memastikan kelolosan ke putaran final berkat hasil 2-2 dari pertandingan tersebut, media Inggris tetap banyak yang menghujat striker Manchester United itu.

Mendapat kartu merah langsung membuat Rooney bisa absen di laga pembuka Piala Eropa tahun depan. Namun karena UEFA bisa menambah sanksi pada pemain menjadi tiga pertandingan, Rooney bisa absen di seluruh laga fase grup.

Dikutip dari Guardian, demi menghindari jatuhnya sanksi yang lebih berat Rooney sudah mengirim surat pada UEFA yang memberi penjelasan terhadap kasus tersebut. Komisi Disiplin UEFA dijadwalkan akan melakukan pertemuan dan membahas hal tersebut pada Selasa (11/10/2011) ini waktu setempat.

Bukan cuma hukuman larangan main dari UEFA yang menunggu Rooney. Pelatih Fabio Capello kemarin sempat menyatakan kalau dirinya tidak menjamin posisi untuk Rooney dalam skuadnya.

Sementara dikutip dari Dailymail, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) hampir dipastikan akan melalukan banding jika Rooney terkena larangan bermain lebih dari satu kali.


-

Setelah cedera panjang dan sempat naik meja operasi, kondisi Steven Gerrard dipastikan sudah sepenuhnya pulih. Dia bisa dimainkan saat Liverpool menjamu Mancheter United, dan bahkan bisa jadi starter.

Gerrard baru dua pekan lalu kembali ke lapangan setelah sempat absen selama lebih kurang tujuh bulan. Cedera kunci paha memaksa gelandang internasional Inggris itu menepi cukup lama.

Dengan keadaan fisik yang kini sudah sangat baik Gerrard dipastikan siap untuk menjamu The Red Devils dalam lanjutan Liga Inggris akhir pekan ini. Pelatih Kenny Dalglish bahkan berencana memasang pesepakbola 31 tahun itu sebagai pemain starter.

"Gerrard yang bugar menambah kuat klub ini, tak diragukan lagi. Jika Anda memiliki seseorang seperti Gerrard di skuad Anda, itu akan mengangkat nilai dan standar tim. Kami harus benar-benar punya skuad yang kuat dan dengan dia masuk ke dalam skuad maka itu akan membuat lebih kuat lagi," sahut Dalglish seperti dikutip dari Dailymail.

Jika benar dipasang sebagai starter, maka itu akan menjadi kali pertama buat Gerrard kembali masuk skuad Starting XI The Reds sejak yang terakhir pada 6 Maret 2011 lalu. Yang menarik, laga tersebut juga merupakan pertandingan menghadapi The Red Devils di Anfield dan berkesudahan 3-1 untuk tuan rumah.

Bersama Gerrard kembali, bisakah Liverpool mengulang kisah tersebut?


--

Malam ini Kualifikasi Piala Eropa 2012 sampai pada matchday terakhir. Masih ada empat tiket lolos langsung tersedia serta satu tiket lolos langsung sebagai runner up terbaik. Siapa dapat tiket-tiket tersebut?

Inggris menjadi negara terakhir yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2012 usai diimbangi Montenegro akhir pekan lalu. Bersama dua negara tuan rumah (Polandia dan Ukraina), total sudah ada tujuh tim yang masuk final (Spanyol, Jerman, Italia dan Belanda).

Malam ini akan ada lima tiket lolos langsung bisa diraih pada kontestan babak kualifikasi, dengan empat di antaranya diperuntukkan bagi juara grup.

Salah satu yang belum memunculkan juara grup adalah Grup B. Saat ini Rusia berada di posisi teratas dengan poin 20, unggul dua angka atas Republik Irlandia dan memimpin tiga poin atas Armenia.

Dengan tinggal menjamu Andorra (penghuni juru kunci) di pertandingan pamungkasnya, Rusia dijagokan bisa dapat tiket lolos langsung tersebut.

Persaingan sengit juga masih terjadi di Grup D, di mana Prancis berada di posisi teratas dengan poin 20 sementara Bosnia dan Herzegovina menguntit di bawahnya dengan 19 angka dimiliki. Dan duel hidup mati akan tersaji di grup ini karena di Stade de France, Le Bleus akan menjamu Bosnia dan Herzegovina. Pemenang laga ini dipastikan lolos langsung ke final.

Duel lain untuk memperebutkan satu tiket langsung terjadi di Grup F, yang melibatkan Yunani (21 poin) dan Kroasia (19). Siapa yang bakal dapat tiket langsung di grup ini masih sulit diprediksi lantaran Yunani masih harus melawat ke Georgia sementara Kroasia akan menjamu Latvia.

Duel hidup-mati juga akan tersaji di Grup H, saat Denmark menjamu Portugal. Sementara ini hanya perbedaan selisi gol yang membuat Portugal lebih unggul dari Denmark di puncak klasemen, dengan keduanya telah mengumpulkan 16 poin.

Sementara satu tiket terakhir lolos langsung akan menjadi tim yang berstatus posisi dua terbaik. Tim berposisi nomor dua terbaik dipilih berdasarkan hasil pertandingan menghadapi tim lain yang berada di posisi satu sampai lima pada grupnya masing-masing.

Sementara ini, Denmark berada di posisi teratas untuk bisa lolos dengan status runner up terbaik, tentunya jika mereka tidak lolos langsung.

Sementara mereka yang berstatus runner up di masing-masing grup akan diundi kemudian diadu kembali untuk merebut tiket terakhir ke Piala Eropa 2012 lewat jalur playoff.

--

Pedro Leon, yang sedang dipinjamkan Real Madrid ke Getafe, mengeluhkan perlakuan yang ia terima di klub asalnya. Leon merasa terhina di Madrid.

Pada musim panas 2010 lalu, Leon bergabung dengan El Real dari Getafe. Gagal menuai kesan positif, musim panas ini gelandang berusia 24 tahun itu pun dipinjamkan ke Getafe.

"Aku merasa terhina di Madrid. Aku tidak tahu apa salahku. Aku sudah melakukan semua yang aku bisa, aku profesional, aku bekerja keras," keluh Leon kepada Cadena Ser yang dilansir ESPN Star.

Kekecewaan Leon itu sendiri bermuara pada satu orang, entrenador Madrid Jose Mourinho. "Aku pikir semua pemain yang masih terikat kontrak mestinya diperlakukan sama, tapi aku tidak punya alasan untuk mengeluhkan mengenai klub."

Masalah Leon dengan Mourinho ini sudah cukup lama tercium. Alasannya adalah sebuah komentar yang dilontarkan si pelatih jelang laga Liga Champions musim lalu.

"Anda berbicara seolah-olah Pedro Leon seperti Diego Maradona atau Zinedine Zidane, tapi baru beberapa bulan yang lalu, dia (Pedro Leon) bermain untuk Getafe," tukas Mourinho ketika itu.

Hal inilah yang sampai sekarang masih membuat Leon berang dan merasa terhina. "Cara dari komentar itu dilontarkan lebih menyakitkan ketimbang (isi) kata-kata itu sendiri."

"Ada banyak cara untuk mengatakan sesuatu, Anda bisa bilang apapun, tapi Anda bisa melakukannya dengan cara berbeda," sungutnya.

Selain itu, Leon juga tidak habis pikir dengan tindakan Mourinho yang sudah menghambatnya bergabung dengan Chelsea yang sempat menunjukkan ketertarikan.

"Chelsea adalah salah satu klub terbesar di Eropa dan tentu saja aku senang dengan kemungkinan (pindah) itu. Pelatih (Mourinho) memberiku opininya dan bilang takkan membiarkanku pergi. Ia bilang aku takkan dapat banyak bermain di London."

"Jujur saja, menurutku pelatih Chelsea (saat itu) adalah Carlo Ancelotti, bukan dirinya," sergah Leon.


--

Laga Indonesia vs Qatar yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno malam ini akan kehilangan banyak penontonnya. Kelompok fans Persija Jakarta yang dikenal dengan The Jakmania melakukan boikot.

"Betul kita melakukan boikot untuk pertandingan timnas malam ini," sahut Sekjen The Jakmania, Richard Achmad dalam perbincangan dengan detiksport melalui sambungan telepon.

"Sejauh ini instruksi (ke korwil) tetap jalan supaya tidak memberikan support. Kalau memang ada individual yang mau nonton silakan, tapi jangan membawa atribut Persija," sambung dia.

Aksi boikot dilakukan The Jak sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja kepengurusan PSSI. Organisasi pimpinan Djohar Arifin Husin itu disebut Richard telah membuat banyak keputusan kontroversial.

"Yang pertama soal ketetapan jumlah kontestan Liga Indonesia dari awalnya 18 klub menjadi 24 klub, ada tim yang dapat promosi gratis di sana. Lalu soal verifikasi klub dan juga soal persiapan jadwal kompetisi."

"Komite Eksekutif juga tidak melakukan kerja profesional saat memutuskan secara definitif soal pengelolaan Persija musim depan," lanjut Richard.

Richard membantah kalau aksi boikot tersebut dianggap sebagai bentuk sikap The Jak yang tidak mendukung perjuangan timnas. Aksi boikot tersebut dianggapnya sebagai bentuk kritik pada PSSI atas kinerja buruk organisasi sepakbola nasional itu.

"Bukan karena persoalan kita tidak cinta. Bukan begitu, ini otokritik terhadap PSSI. Tetap kita dukung timnas, tapi tidak hadir di GBK. Dukung di area yang lain, nonton bareng misalnya."

"Kenapa kita tidak memberikan support? PSSI punya aturan yang beda dengan terdahulu. Tiket kalau tidak habis tidak boleh dikembalikan, padahal sebelumnya tidak seperti itu. Tapi kini justru ditagih misalnya untuk nombokin. Bukan sekadar kinerja buruk (PSSI), tapi ada hal lain yang belum pernah dipublikasi," tuntas Richard.

--

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s