My Name is Khan, Bingkai Inspiratif Film Motivasi

“Namaku Khan. Dan, aku bukan teroris.”

Berulang-ulang kalimat itu terucap dari bibir yang bergetar dalam takut, pilu, dan cemas. Berkali-kali pula, kata-kata itu meluncur deras dalam perjalanan panjang, pada lembaran buku diary, demi bertemu Presiden Amerika.

Dia, lelaki yang mengucapnya, bukanlah sosok sangar lagi sadis. Dia hanyalah seorang suami dan ayah yang ingin mengadukan segala deritanya. Derita akibat predikat “teroris” yang dilekatkan mayoritas orang di negerinya. Derita yang telah merenggut paksa nyawa Sameer, putra kecilnya. Lantaran ia seorang muslim. Lantaran ia bernama Khan.

Namun, siapa yang peduli kepadanya? Islam dan terorisme—terutama selepas tragedi peledakan World Trade Centre atau lebih dikenal sebagai Tragedi 9/11—dianggap sebagai dua hal serupa. Dan, konsep jihad adalah mata rantai yang menjebloskan Khan tanpa pilihan lain, kecuali dicap sebagai teroris. Dia bahkan harus merasakan ruang interogasi untuk para kriminal kejam, sebelum akhirnya dipenjara.

Karan Johar—sutradara India kawakan—berhasil membidik semua itu dalam sinematografi menawan sebuah film motivasi tentang indahnya pluralisme. Dan, Shah Rukh Khan begitu lihai menghidupkan motivasi ini dalam karakter Rizvan Khan; penyandang sindrom asperger. Sindrom yang mengindikasikan autisme tersebut membuat Khan begitu membenci warna kuning, suara tajam, dan orang asing. Di tengah pluralisme Negeri Paman Sam, sosoknya hadir sebagai golongan minoritas. Semua serba mencemaskan baginya, kendati otaknya luar biasa cerdas.

Ketika Cinta dan Benci Berbatas Tipis

Terlahir di kampung kumuh di pedesaan India, Rizvan Khan terbiasa menyaksikan ocehan kasar dalam perseteruan antara kaum muslim dan penganut Hindu. Nyaris saja makian-makian mereka menguasai relung pikiran lelaki kecil itu. Beruntung, bocah itu memiliki ibu yang begitu pengasih. Ammi—begitu Rizvan memanggil ibunya—bergegas mengambil sehelai kertas dan sebuah pensil. Digambarnya dua orang: seorang membawa pedang dan satu lagi tak bersenjata. Sekali lagi, ammi menggambar dua orang. Kali ini, seorang tampak menggenggam permen lolipop, sedangkan seorang lagi seolah menerima permen itu.

Dengan cerdas, Rizvan mampu menangkap maksud gambaran itu, yang kemudian ditegaskan sang ibu, “Ada dua macam orang di dunia ini. Orang baik yang melakukan perbuatan baik. Dan, orang jahat yang melakukan perbuatan jahat. Hanya itu perbedaan di antara manusia.”

Semenjak itulah, Rizvan Khan tumbuh sebagai anak yang penyayang dan peduli, meski tak mampu mengekspresikan perasaannya dalam kata-kata. Cemas, sedih, takut, dan gelisah dia tunjukkan dengan kebiasaannya memainkan batu-batu kerikil. Di kala berpikir, jemarinya asyik memelintir rambut di kepalanya. Perjumpaan dengan Mandira—seorang penata rambut di sebuah salon—tak disangka mampu mengubah Rizvan dari pemuda kaku menjadi lelaki dewasa yang cukup humoris. Bisa ditebak, dia jatuh hati pada pandangan pertama, ketika suara tawa Mandira menimbulkan getaran perasaan aneh di hati Rizvan.

Tak lama setelah perjumpaan pertama, kedua insan lain jenis itu pun menikah. Tak mudah memang jalan mereka untuk menyatukan cintanya. Zahir, adik Rizvan, menentang rencana pernikahan mereka. Alasannya klise: karena janda beranak satu itu beragama Hindu. Namun, Rizvan tak menyerah begitu saja. Salesman produk kosmetik herbal itu tetap berpegang teguh pada prinsipnya bahwa Islam dan Hindu bukanlah pembeda bagi manusia. Baginya, manusia dibedakan atas dasar baik dan buruknya segumpal darah bernama hati.

Perkawinan tersebut akhirnya berlangsung meriah, sejak itu pula Rizvan telah menunaikan janjinya kepada almarhum ammi—menemukan kebahagiaan hidupnya. Ya, bersama Mandira adalah kebahagiaan yang selama ini dicari Rizvan. Namun, siapa sangka jalinan cinta mereka terbentur peristiwa terorisme di Gedung WTC? Buntut tragedi itu menyeret keluarga baru Rizvan ke jurang yang sulit dilewati.

Mula-mula kematian Sam atau Sameer, anak Mandira yang begitu akrab dengan Rizvan. Sebuah pengeroyokan bermotif rasial, lantaran Sam mewarisi nama Khan di belakang namanya, harus berujung pada kematian bocah lelaki yang hobi main sepak bola itu. Dengan amarah, kekecewaan, dan penyesalan memuncak, Mandira menyalahkan Rizvan.

Sebuah kalimat bernada benci pun dilontarkan sang istri terkasih bahwa dia tak ingin Rizvan pulang sebelum suaminya itu menemui Presiden Amerika dan berkata: “Namaku Khan. Dan, aku bukan teroris.”

Bagai berdiri di titian sehelai rambut, permintaan Mandira adalah sesuatu yang sangat berat untuk diwujudkan. Tapi, mau tak mau, Rizvan harus memenuhi pinta Mandira, demi menebus perasaan bersalahnya. Kota demi kota menjadi saksi atas segala kesungguhan lelaki autis itu. Setiap kesempatan yang bisa mempertemukannya dengan presiden akan dikejarnya. Namun, beberapa kali pula dia gagal. Di saat yang sama, ada banyak orang yang terpaksa memangkas identitas keislamannya, karena berbagai tekanan dan intimidasi yang menyerang mereka.

Sementara itu, tanpa ada kejelasan siapa pelakunya, kasus kematian Sam dibiarkan berlarut-larut, hingga akhirnya dipetieskan begitu saja oleh pihak kepolisian. Dan, Mandira harus berjuang seorang diri untuk mendiang anak tunggalnya. Dengan terus memupuk kebencian pada nama Khan, perempuan cantik itu tak putus asa mencari keadilan.

Episode Penuh Haru

Dalam alur melingkar nan memikat, My Name is Khan terus melaju dengan menitikberatkan pada tokoh sentral Rizvan Khan. Perjalanannya untuk menemui presiden bisa disimak seperti mengikuti episode perjuangan hidup yang mengharukan. Walau begitu, Rizvan tak ingin kehilangan jati dirinya sebagai pemeluk Islam yang taat.

Di sebuah masjid, ketika hendak menenangkan diri, Rizvan menjumpai sekelompok orang yang tengah didoktrin seorang perekrut teroris. Rizvan tak tinggal diam. Dia membantah semua ucapan sang teroris dengan berdalih bahwa jalan Islam adalah kasih sayang, bukan kebencian dan perang. Langkah selanjutnya, dia melaporkan keberadaan Faisal Rehman—si perekrut teroris—kepada FBI. Sayang, tak ada tanggapan positif dari FBI.

Ketika kesempatan bagus bertemu presiden akhirnya datang, Rizvan justru dibuat terpuruk dengan tuduhan sebagai seorang teroris. Padahal, itu terjadi hanya karena orang-orang salah dengar.

“Namaku Khan. Dan, aku teroris.”

Kata-kata itu yang mampir di gendang telinga mereka, sesaat setelah Rizvan berteriak di antara kerumunan padat massa. Nahas, pasukan pengawal presiden pun bergerak cepat untuk “melumpuhkan” Khan, seiring dengan kepanikan orang-orang yang tercipta seketika. Sebuah pukulan telak mengantarkan Rizvan menuju serangkaian interogasi di ruangan rahasia. Berbagai siksaan fisik dan psikis harus rela diterimanya, tanpa dia tahu kesalahannya. Parahnya, semua itu mesti dihadapinya sendiri tanpa bantuan satu pun pengacara.

Karena bantuan dua orang jurnalis muda, usailah penderitaan Rizvan Khan. Dia dibebaskan. Terlebih, setelah Faisal Rehman berhasil ditangkap berkat telepon Khan kepada FBI, beberapa waktu lalu. Pembebasan ini ternyata bukanlah penghujung dari darma bakti Rizvan bagi kemanusiaan. Pada sebuah bencana akibat badai molly di kawasan Wilhemina, Georgia, pria itu melarutkan diri. Menolong Mama Jenny, Joel, dan penduduk yang terjebak banjir. Mereka adalah para sahabat yang sudi menampung dan menerima Khan, tanpa syarat apa pun.

Upaya Khan terbukti mampu menginspirasi masyarakat Amerika, termasuk Mandira dan kerabat dekatnya, untuk berbondong-bondong menyelamatkan warga Wilhemina. Kini, semua mata terbuka bahwa keluarga itu tak hanya terbentuk karena hubungan sedarah. Masih ada cinta kasih yang memberikan ruh dalam setiap hubungan antarmanusia. Dan, itu tak boleh disingkirkan begitu saja, hanya karena perbedaan agama atau ras.

Terorisme dan Semangat Pluralisme

Berkaca pada film motivasi tentang indahnya pluralisme itu, kita dibuat tertegun. Bagaimana dengan kita yang hidup di Indonesia? Masihkah prinsip Bhinneka Tunggal Ika menjiwai setiap langkah kita? Sedangkan berderet aksi terorisme seakan enggan usai mengobok-obok integritas dan harga diri bangsa?

Jika ditinjau lebih jauh, setiap tindak menyebarkan teror bisa dikategorikan sebagai aksi terorisme. Tindak kejahatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa pun, dan tak terkait dengan ajaran agama mana pun. Jiwa kerdil yang tak puas atau kecewa atas kondisi plural manusia merupakan salah satu muara mencuatnya terorisme. Dalam keadaan “gelap mata” karena doktrin keliru, para teroris bertindak seraya mengaku tengah berjuang di jalan Tuhan. Dampaknya, tak hanya kemuliaan agama yang akan ternoda. Semangat pluralisme Indonesia pun terluka penuh coreng-moreng.

Satu tanya yang selayaknya mengganggu benak kita adalah, “Ada apa dan siapa di balik semua kasus terorisme di negeri ini? Mungkinkah ada keterlibatan pihak asing yang ingin melihat bangsa Indonesia menjadi runtuh? Kepentingan apa yang mereka usung, sehingga begitu tega meniupkan isu terorisme sembari menuding Islam sebagai biang teroris?”

Jika pun kita tak kuasa menguak jawabnya, maka ingatlah bahwa terorisme itu sesungguhnya bermula dari diri sendiri. Karena itu, sesakilah jantung-hati Anda dengan cinta kasih terhadap sesama.

Tips Menyikapi Kehidupan yang Plural

Untuk menjadi seorang pluralis yang tetap berpegang teguh pada prinsip hakiki, hendaknya Anda mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Menerima dan menghargai kekurangan diri sendiri, agar dapat menghargai orang lain.
Menghormati kehadiran dan peran orang lain, sekecil apa pun.
Menghindari bersikap eksklusif di mana saja memijakkan kaki.
Mau berbagi dengan sesama dalam kesetaraan nilai manusia.
Memiliki kepedulian atas segala yang ada di lingkungan sekitar.
Menjaga kerukunan antarumat beragama.
Bersikap bijak terhadap setiap perbedaan yang ada, kendati itu berseberangan dengan pemikiran atau pendapat sendiri.
Menjalin komunikasi yang baik dengan sesama, agar tiada salah paham. Jika terjadi selisih pendapat atau konflik, komunikasi yang baik akan menjadi jembatan bagi penyelesaian masalah secara arif.
Berlapang dada, tidak egois, dan mau memaafkan kesalahan sesama.
Meyakini bahwa setiap manusia itu sederajat, tanpa memandang perbedaan agama, ras, suku, dan latar belakang sosial ekonominya.
Menjalankan ibadah agama masing-masing dengan benar, dan penuh toleransi terhadap setiap perbedaan tata cara beribadah.
Meyakini bahwa inti dari ajaran agama adalah menyebarkan cinta kasih dan berbuat baik kepada seisi alam raya.
Selamat membangun toleransi terhadap kondisi plural di sekitar Anda! Dan, percayalah bahwa hidup ini bukan sekadar mengalir dengan materi semata. Masih ada hati dan jiwa yang juga harus dihidupi dengan memberikan kasih sayang untuk sesama.

Dengan demikian, kita akan mengerti bahwa ada begitu banyak hal yang dapat ditanggung atau diselesaikan dalam kebersamaan yang indah, meski perbedaan sungguh tak bisa dihindari.

Demam Blackberry Messenger yang Mendunia

Blackberry menjadi salah satu handphone yang sekarang banyak diminati pemakai telepon genggam. Kalau dulu merk Nokia yang merajai dunia ponsel, kini nama Blackberry menjadi salah satu yang diperhitungkan keberadaannya.

Pemakaian Blackberry yang sudah sangat mendunia ini bahkan mampu mengalahkan pendahulunya tersebut. Hal tersebut terutama karena didukung fasilitas yang disediakan oleh Blackberry, yaitu Blackberry messenger, dimana pemakai telepon genggam dapat chat sepanjang hari.

Fitur-fitur Blackberry Messenger

Fitur pada telepon genggam merk Blackberry sebenarnya tidak jauh berbeda dengan telepon genggam lainnya. Hanya saja, jika telepon genggam lain mengusung kecanggihan fitur pada teleponnya seperti kemudahan mengakses website, kecanggihan kamera, fasilitas 3G atau yang menyediakan fasilitas wifi, dan lain sebagainya, Blackberry menyediakan sebuah fitur yang hingga kini menjadi primadona para pemakai telepon genggam, yaitu adanya fitur Blackberry Messenger.

Blackberry messenger berfungsi untuk menghubungkan pemakai blackberry dimanapun berada untuk dapat berkomunikasi secara langsung tanpa harus mengkhawatirkan pulsa telepon. Layanan itu sendiri bukannya gratis, melainkan harus melanggan pada provider tertentu. Harganya pun variatif antara provider satu dengan lainnya. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi pengguna blackberry. Sebab, kemudahan berkomunikasilah yang sekarang dicari semua orang.

User Friendly Messenger

Cara menggunakan blackberry messenger tidak sulit. Blackberry menyediakan PIN untuk setiap telepon genggam yang diproduksinya, dan PIN ini sebagai identitas masing-masing pengguna. Langkah yang diperlukan untuk dapat menggunakan blackberry messenger:

Mendaftarkan blackberry phone Anda ke salah satu provider (atau ke provider kartu yang sudah Anda gunakan)
Mengunduh Blackberry messenger dari Blackberry Application World
Mengatur setting blackberry messenger Anda: mulai dari mengganti nama, memasukkan foto
Mengumpulkan PIN teman-teman Anda dalam kontak
Anda pun siap untuk chat dengan teman-teman Anda sepanjang hari
Anda dapat pula berbagi cerita melalui foto dengan mengirimkan pada daftar kontak Anda

Jika Anda memiliki komunitas atau kelompok yang memiliki kesamaan, Anda dapat membuat group pada blackberry messenger Anda. Caranya:

Klik pada create group, beri nama group Anda
Undang teman-teman Anda untuk join group tersebut
Anda pun sudah dapat langsung chat di group dan langsung dibaca oleh semua member group
Chat yang Anda semua lakukan di group hanya akan tersimpan selama 3 hari
Anda juga dapat saling mengirimkan foto di group
Anda dapat pula menunjukan salah satu teman Anda untuk jadi admin / moderator pada group tersebut
Ada baiknya Anda tidak mengikuti banyak group, karena sering pemakai mengeluh teleponnya menjadi ‘hang’ ketika banyak group yang diikutinya
So, kemudahan chatting apalagi yang Anda cari? Semua sudah dapat Anda dapatkan di blackberry messenger.

Kelemahan BB

Beberapa tahun terakhir, BlackBerry menjadi sebuah fenomena. Kepintaran dan kecanggihan ponsel ini membuat masyarakat terkagum-kagum dan memilihnya sebagai asisten digital.

Selain kepintaran dari ponsel ini, salah satu alasan orang memilih BlackBerry adalah karena adanya fasilitas BlackBerry Messenger (BBM) yang efektif dan murah.

Fitur-fitur BlackBerry memberikan kemudahan, terutama dalam mengakses internet. Email, chatting, dan berselancar di sosial media dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja.

Namun, sebagai gadget yang canggih, BlackBerry juga memiliki kelemahan. Bagi Anda yang baru berencana memilih ponsel ini untuk menunjang aktivitas, ada baiknya mengetahui beberapa kelemahan BB berikut ini.

Fitur

BlackBerry belum dapat digunakan untuk conference call. Kemampuan voice recorder-nya tidak maksimal, hanya bisa merekam selama sepuluh menit. Formatnya juga tidak sama seperti ponsel-ponsel canggih lainnya.

Pada umumnya, spell check (bertugas melakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan ketik) bekerja saat kita mengetik. Namun, pada BlackBerry, spell check baru aktif ketika pengetikan selesai.

Software

Software-software tambahan sudah langsung terinstall di dalam memori internal. Sayangnya, memori internal pada BlackBerry kapasitasnya sangat terbatas sehingga tidak dapaat menginstall software tambahan lebih banyak. Hal ini terjadi terutama pada BlackBerry dengan tipe yang lebih lama.

Ketika melakukan back up, software-software tambahan (3rd party) yang sudah terinstall di dalam memori internal tidak langsung ikut ter-back up. Kelemahan-kelemahan yang terdapat di software BlackBerry bisa memberi jalan pada hacker untuk mengendalikan server.

Kelemahan software ini juga akan membuat pengguna BlackBerry otomatis mengirimkan email berisi attachment file PDF palsu ke pengguna BlackBerry lain. Saat file tersebut dibuka, terjadilah korupsi memori pada BlackBerry penerima.

Software BlackBerry juga masih sulit apabila digunakan dalam pengaturan musik dan data. Diperlukan perbaikan pada software agar penggunaan fitur musik lebih mudah.

Email

Antara email pada BlackBerry dan email pada laptop atau PC seringkali tidak sinkron. Email yang sudah terhapus di BlackBerry, terkadang masih ada di laptop atau PC. Jadi, kita akan direpotkan karena harus memeriksa lagi email-email mana yang penting dan tidak ingin dihapus agar bisa tetap disimpan di PC.

Browser

Browser BlacBerry kurang sempurna sehingga tidak dapat menampilkan halaman web yang menggunakan javascript. Misalnya, jika ingin membuka web klikbca.com, harus install software tambahan seperti OperaMini. Bila tidak ada tambahan software, halaman web pada BlackBerry tampilannya adalah versi mobile.

Browser BlackBerry lebih lambat dibanding iPhone.

Wi-Fi

Tidak semua tipe BlackBerry memiliki fitur wi-fi walaupun sudah dilengkapi akses 3G.

Meskipun kelemahan-kelemahan BlackBerry telah ditemukan, RIM (Research In Motion) sebagai pencipta BlackBerry berusaha menenangkan para pengguna BlackBerry. RIM telah membuat software untuk mengatasi BlackBerry yang telanjur terinfeksi akibat adanya kelemahan-kelemahan tersebut.

Bagi Anda yang ingin menggunakan BlackBerry, tidak perlu khawatir. RIM selalu memperbaiki kelemahan-kelemahan BlackBerry ini dalam setiap produksi BlackBerry tipe baru.

Beranda Elektronik HP Blackberry Blackberry Storm

Lagi-lagi, dunia seperti tidak pernah kehabisan penemuan. Perkembangan dibidang komunikasi sudah sangat canggih. Telepon genggam kini hadir dengan rangkaian fitur-fitur canggih yang mencengangkan. Menggenggam alat komunikasi itu sama dengan menggenggam dunia. Berawal dari telepon genggam biasa BlackBerry menjelma jadi sebuah telepon genggam canggih.

Kecanggihan BlackBerry, bahkan, ikut berpartisipasi dalam bidang fesyen. Memiliki BlackBerry bukan lagi berurusan dengan masalah komunikasi yang lebih mudah, melainkan gaya hidup, fesyen, dan komunitas. BlackBerry mengeluarkan beberapa seri yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu yang cukup diminati adalah BlackBerry Storm.

BlackBerry

Kebutuhan masyarakat akan seni sepertinya tidak pernah habis. Bentuk ponsel yang modern dan menarik pun bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi telepon genggam tersebut. Sebagai sebuah telepon genggam dengan fitur yang cukup canggih, BlackBerry juga menyuguhkan berbagai produknya yang tidak hanya canggih, tetapi juga modis.

BlackBerry menjadi telepon genggam paling booming setelah Nokia. Kehebohannya seperti berdampak pada kejiwaan penggunanya. Menenteng BlackBerry ke mana pun Anda pergi dipercaya dapat memompa rasa percaya diri Anda. Entahlah, BlackBerry seolah tengah menciptakan sebuah sindrom baru di kalangan masyarakat, terlebih masyarakat Indonesia.

Kehadiran BlackBerry di Indonesia dimulai pada 2004. Tentu saja saat itu BlackBerry tidak seterkenal saat ini. Layaknya produk baru yang menawarkan fitur-fitur baru, BlackBerry dengan cepat mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Indonesia. Mengetahui hal tersebut, pihak BlacBerry membuka kantor perwakilannya di Indonesia.

Telepon genggam yang lebih afdhol disebut sebagai smartphone ini adalah alat komunikasi buatan Kanada. Pertama kali dikenalkan pada masyarakat luas pada 1997 lalu. Selama beberapa tahun berkiprah di dunia pertelekomunikasian, BlackBerry telah menciptakan berbagai seri unggulannya.

BlackBerry Storm

Sebagai salah satu seri unggulan dari BlackBerry, BlackBerry Storm adalah seri rangkaian dari BlackBerry 9500. BlackBerry merupakan smartphone dengan sistem touchsscreen atau layar sentuh. Smartphone ini baru dapat dioperasikan ketika layarnya disentuh. Layar pada BlackBerry Storm memiliki sistem sensor sehingga dapat merespon sentuhan.

BlackBerry Storm sendiri dikembangkan oleh Reaserch In Motion. RIM atau Research In Motion adalah salah satu perusahaan telekomunikasi dan nirkabel di Kanada. Perusahaan ini sudah lama bertugas sebagai pengembang dari BlackBerry Smartphone. BlackBerry Storm adalah produk BlackBerry pertama yang dikembangkan oleh Research In Motion dengan menggunakan perangkat layar sentuh.

BlackBerry Storm sekaligus juga sebagai produk pertama dari BlackBerry yang tidak memanfaatkan keyboard dalam bentuk fisik. Interaksi antara pengguna dengan telepon genggam ini dilakukan melalui tombol SurePress. Research In Motion telah mematenkan produk ini. BlackBerry Storm sengaja diciptakan untuk menyaingi produk-produk sejenis dari perusahaan-perusahaan raksasa seperti Apple iPhone 3G, Palm Pre, T-Mobile G1, dan HTC.

Melalui Vodafone, BlackBerry Storm menyebar ke Inggris, Jerman, Perancis. BlackBerry Storm juga menyebar ke berbagai negara, seperti Italia, IrlandiaAustralia, Afrika Selatan, Belanda, dan India, melalui Vodacom. Penyebaran BlackBerry Storm di Amerika, Kanada, dan Meksiko, melalui Verizon Wireless, Telus, Bell, dan SaskTel.

Klasifikasi yang dimiliki BlackBerry Storm berbeda di setiap negara. Semua itu berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi yang menyebarkan smartphone ini ke wilayahnya.

BlackBerry Storm dan Klasifikasinya

BlackBerry Storm memanfaatkan MSM7600 dari Qualcomm, dual core CPU dengan ARM 11 400MHz dan 274 MHz ARM9. Kapasitas memori yang dimiliki oleh BlackBerry Storm ini mencapai 1 GB onboard dan 128 MB NVRAM. Resolusi layar warna pada smartphone ini mencapai 360X480 piksel.

Layar sentuh pada BlackBerry Storm menggunakan accelerometer sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengubah posisi keyboard pada saat smartphone ini dalam keadaan berdiri atau lansekap dengan posisi keyboard dengan seri QWERTY. BlackBerry Storm dilengkapi dengan kamera 3,2 megapiksel.

Fitur pendukung lain yang canggih dan modern antara lain dengan adanya berbagai fitur-fitur seperti Windows Media Video, Windows Media Audio, Windows Media Profesional, MP3, dan 3G. Lengkap dengan sistem konektivitas yang juga canggih.

Beranda Elektronik HP Blackberry Layanan Blackberry Xl

Siapa yang tidak kenal dengan jenis ponsel yang satu ini. Ponsel bergengsi dengan fitur khusus yang beda dengan jenis ponsel biasa ini rupanya membuat salah satu jawara operator telpon seluler Indonesia, yaitu XL, membuat [kwd]layanan Blackberry XL[/kwd] yang sangat memanjakan pengguna ponsel elit tersebut.

Beberapa layanan Blackberry XL yang menjadi andalan adalah:

Blackberry One

Layanan ini memberikan tarif khusus yang sangat murah untuk pengguna ponsel Blackberry, yaitu hanya sebesar Rp. 5000,- per hari. Layanan yang berlaku mulai 1 Oktober sampai 31 Desember 2009 ini memungkinkan pengguna melakukan browsing, chating, dan mengirimkan email sepuasnya selama sehari penuh.

Blackberry Gaul

Layanan ini mulai berlaku sejak 1 Februari 2010. Dalam Blackberry Gaul, pelanggan dapat melakukan akses ke situs jejaring sosial Facebook dan berbagai situs penyedia layanan fasilitas chat yang ada di YM, Gtalk, MSN, serta Blackberry Messenger dengan tarif sangat murah, yaitu Rp. 2000,- per hari.

Blackberry BIZZ

Layanan ini membidik para konsumen yaitu kalangan pengusaha di skala kecil dan menengah. Dengan layanan Blackberry xl ini, pengusaha dapat menggunakan maksimal 10 nama email berbeda milik mereka dalam ponsel ini.

Juga fasilitas chating sepuasnya melengkapi kemudahan para pengusaha ini bertransaksi dengan rekan bisnis di mana pun berada. Tarif yang berlaku juga sangat ekonomis, yaitu Rp. 3000,- per hari.

Blackberry Prepaid Roaming

Adalah layanan spesial roaming yang khusus diperuntukkan bagi pengguna Blackberry dengan layanan kartu prabayar XL. Adapun negara-negara lain yang turut menjadi mitra dalam layanan Blackberry XL ini antara lain: Singapura, Malaysia, Kamboja, Sri Lanka, Bangladesh, Hongkong dan Jepang.

Jika pemakai ponsel Blackberry dengan kartu prabayar XL pergi ke negara-negara tersebut di atas dan mengaktifkan layanan tersebut melalui SMS, lalu melakukan panggilan ke nomor tujuan Indonesia, maka otomatis tarif telpon yang digunakannya akan sama dengan tarif jika ia berada di Indonesia.

Tentunya berbagai layanan Blackberry XL di atas merupakan perwujudan komitmen XL untuk terus memberikan layanan terbaik bagi semua pelanggannya, baik yang barada di tanah air, maupun di luar negri.

Eksplorasi Layar Blackberry Secara Maksimal

Layar Blackberry memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Makin maraknya handphone yang menggunakan layar sentuh dan terbukti banyak disukai dan diburu orang membuat Blackberry pun menjadikan layar sentuh Blackberry berteknologi SurePress sebagai ikon barunya. Kini sudah tersedia Blackberry yang menggunakan layar sentuh, terutama Blackberry Storm, yang bisa berfungsi dalam (salah satunya) membantu pengetikan cepat, dan juga navigasi yang cepat.

Kehadiran layar Blackberry dengan teknologi SurePress yang bisa disentuh sebagai alat navigasinya jelas akan makin memudahkan penggunanya. Karena layar sentuh tersebut laiknya mouse dimana jari pengguna Blackberry bisa digunakan sebagai kursornya untuk memilih aplikasi. Kecepatan dan kemudahan jelas menjadi nilai lebih ponsel yang menggunakan layar sentuh ini.

Layar Blackberry yang menggunakan teknologi sentuh bisa digunaakan untuk memudahkan menu pilihan sesuai dengan keinginan seperti, radio, menu drop down, serta pengetikan dilakukan dengan cara sentuhan untuk menyorot dan menekan untuk memilih.

Memudahkan dalam Pengetikan Cepat

Kelebihan yang memungkinkan kecepatan dalam melakukan pengetikan jelas menjadikan Blackberry layar sentuh demikian sangat membantu penggunannya. Tak disangsikan, dalam waktu yang mepet dan kebutuhan untuk mengetik cepat bisa dilakukan oleh Blackberry berlayar sentuh. Layar SurePress, membuat proses pengetikan bisa dilakukan dengan begitu mudah dan cepat.

Keseluruhan layar Blackberry dibuat sensitif untuk merespons segala yang Anda perintahkan melalui sentuhan yang Anda lakukan. Ketika Anda hendak mengetik cukup dilakukan dengan menyentuh layar untuk menyentuh huruf yang dimksud, kemudian Anda harus menekannya untuk menampilkan huruf ataupun dokumen yang Anda maksudkan tersebut.

Ketika melakukan klik terhadap huruf yang dimaksud, karena terintegrasi dengan sistem yang akurat SurePress, maka memungkinkan Anda untuk mengetahui huruf sama yang dimasukkan dua kali atau lebih. Dengan demikian, maka kesalahan untuk memasukkan jenis huruf yang sama bisa diminimalisir mungkin. Teknologi layar sentuh yang memungkinkan Anda bisa melakukan pengetikan secara akurat, cepat dan tepat bisa membuat pengguna Blackberry lebih produktif dan responsif.

Akuisisi

Research in Motion (RIM) selaku perusahaan yang bermarkas di Kanada yang merupakan markas industri Blackberry mengakuisisi sebuah perusahaan desain kenamaan asal Swedia, The Astonishing Tribe (TAT) untuk memperbaiki tampilan layarnya. Memang tak ada yang meragukan TAT dalam mengolah desain antarmuka karena beberapa perusahaan smartphone besar lainnya telah menggunakan jasanya dalam menampilkan layar ponsel produknya.

The Astoning Tribe tercatat telah digunakan oleh sekitar 20% smartphone dunia dengan memakai berbagai platform, seperti misalnya Motorola, Samsung, Google Android, dan Sonny Ericsson. Kolaborasi TAT dan RIM ini dipandang banyak pihak akan menciptakan sebuah produk layar Blackberry yang maksimal, eksploratif dan lebih dinamis.

Keunikan dan Keunggulan Blackberry Javelin

Blackberry Javelin atau Blackberry Curve 8900 adalah jenis ponsel yang dikeluarkan oleh perusahaan Blackberry. Dalam sistem pengoperasiannya, handphone ini berbasis Java buatan RIM (Research In Motion) yang merupakan vendor Blackberry. Bentuk Blackberrry Javelin tidak begitu berbeda dengan tipe-tipe Blackberry lainnya. Javelin hampir sama dengan tipe Blackberry Bold, tetapi lebih tipis dan ringan. Selain itu, ponsel ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.

Sejarah

Ponsel ini pertama kali diluncurkan pada Januari 2009 oleh RIM. Sebelumnya, sudah banyak tipe blackberry yang beredar di pasaran. Handphone Blackberry sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan naiknya tingkat penjualan Blacberry. Akhirnya, perusahaan Blackberry membuat inovasi baru dengan menciptakan tipe Blackberry Curve 8900 atau Javelin yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Kelebihan

Javelin hadir dengan desain yang lebih ringan, lebih kokoh, dan tampilan yang cemerlang. kelebihan lainnya adalah tersedianya alat-alat produktivitas baru, full HTML browser web, dan kamera 3,2 MP.

Model

Tipe: Smartphone/PDA
Dimensi: 109 x 60 x 13.5mm
Layar: 480 x 360 pixels, 2.4 inches
Berat: 110 gr.
Warna layar: TFT, 65K colors
Warna hp: hitam
Memory: microSD (TransFlash) up to 16GB
Ringtone: Polyponic, Mp3
Battery: 1400 mAHr removable/rechargeable cryptographic lithium cell
Fitur

Javelin hadir dengan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam beraktivitas sehari-hari. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur standar dari Blackberry dan fitur baru yang lebih canggih.

O.S.: BlackBerry OS
Message (SMS, MMS, Email, Instant Messaging, Blackberry Messanger, Blackberry Voice)
Browser (HTML, Facebook, Twitter, eBuddy, yahoo, ym, Windows Live Messenger)
Game
Kamera (3.15 MP, 2048×1536 pixels, flash, autofocus, video)
Built-in GPS
aGPS function
Java
Media player
BlackBerry maps
Organizer
Calculator
Voice dial
Built-in handsfree
RIM Blackberry Javelin menggunakan OS 4.6.1.114 sehingga mendapatkan fungsi baru dan meningkatkan aplikasi, misalnya Word, Excel, dan file PowerPoint. Ponsel ini juga dilengkapi alat-alat manajemen informasi pribadi, seperti kelander, daftar tugas, memo pad, perekam suara, sebuah penyimpan kata sandi, dan lain-lain.

Kamera

Blackberry Javelin dilengkapi dengan kamera 3,2 MP dan flash dengan kemampuan merekam video, flash, auto focus, 2x zoom, dan image stabilization. Pada mode kamera, ada tiga pilihan ukuran gambar dan tiga kualitas gambar. Pengguna dapat menambahkan berbagai efek pada foto (hitam, putih, dan sepia) dengan pengaturan white balance.

Desain

Blackberry Javelin menawarkan desain yang lebih ramping dan lebih padat diandingkan seri 8300 Curve. Javelin dilengkapi dengan TFT LCD 2,4 inci yang mendukung 65.536 warna dengan resolusi 480×360 pixel. LCD ini lebih baik daripada layar Blackberry Bold.

Ponsel ini menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Blackberry sehingga Anda mendapatkan anatarmuka pengguna yang sudah diperbarui. Di bawah layar, terdapat navigasi standar meliputi Talk and End, shortcut menu, tombol kembali, dan trckball navigator. Selain iu, tata letaknya sederhana dan luas sehingga memudahkan untuk kontrol dan navigasi telepon.

Keyboard

Keyboard Javelin hampir sama bentuknya dengan keyboard Blackberry Bold. Meskipun tombolnya tidak terlalu besar, pengguna merasa mudah untuk menulis email dan teks dengan kesalahan minimal. Tombolnya memberikan tactile feedback yang baik dan keyboard yang cukup backlit. Di bagian kiri, terdapat user-programmerable satu tombol pintas (meluncurkan suara dialer secara default).

Kelebihan BlackBerry Gemini

Sejak peluncurannya, BlackBerry Gemini memang banyak digemari masyarakat Indonesia karena harga jualnya yang lebih murah dibanding BlackBerry tipe lain. BlackBerry Gemini yang memiliki nama lengkap BlackBerry Curve 8520 ini bukanlah produk murahan meskipun harganya terbilang miring.

BlackBerry Gemini hadir dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan di balik harganya yang murah. Bahkan, kelebihan BlackBerry Gemini ini boleh dikatakan tidak ditemui pada BlackBerry tipe lain yang beredar saat itu. Misalnya, BlackBerry Bold dan Javelin. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan BlackBerry Gemini.

1. Trackpad

Dahulu, BlackBerry dikenal sebagai smartphone yang menggunakan trackball untuk navigasi menu. Namun, para pengguna BlackBerry sering mengeluhkan navigasi sistem trackball ini. Terutama, bagi pengguna yang jari-jarinya sangat mudah berkeringat sehingga mereka kesulitan menggerakkan trackball tersebut.

Akan tetapi, BlackBerry Gemini hadir untuk mengatasi keluhan ini yang sekaligus merupakan kelebihan BB tipe 8520. BlackBerry Gemini hadir dengan trackpad optical khusus bagi para pengguna yang merasa kesulitan memakai sistem navigasi trackball.

Trackball dianggap lebih rentan terhadap debu dan kotoran lain sehingga dapat mengganggu kenyamanan saat dipakai. Sementara itu, trackpad diharapkan bisa lebih stabil serta tahan banting daripada trackball. Namun, pengguna yang sudah terbiasa dengan trackball akan sedikit mengalami kesulitan saat memakai trackpad. Trackpad terkesan tidak sensitif saat merespon gerakan jempol.

Oleh sebab itu, Anda disarankan masuk ke pengaturan trackpad untuk mengubah sensitivitasnya. Cobalah beberapa kali agar jempol Anda semakin terlatih dan terbiasa. Bagaimanapun, barang atau hal baru perlu penyesuaian, bukan?

2. Daya Tahan Baterai

BlackBerry gemini pun memiliki kelebihan lain dalam hal kekuatan atau daya tahan baterai. Daya tahan baterai BlackBerry Gemini dinyatakan lebih tahan lama dibaning BlackBerry tipe lain yang beredar di saat bersamaan. Kini, daya tahan baterai paling lama ditempati oleh BlackBerry 9700. Namun, daya tahan baterai sangat bergantung pada kebiasaan pengguna dalam mengoperasikannya. Jika pengguna jarang mengoperasikan BB-nya, otomatis daya tahan baterai akan lebih lama. Begitupun, sebaliknya.

3. Lebih Tahan Banting

Selain memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, BlackBerry Gemini termasuk ponsel pintar atau smartphone yang sengaja dirancang sebagai produk yang kuat. Oleh sebab itu, BlackBerry Gemini dinyatakan sebagai salah satu BlackBerry yang tahan banting.

4. Harga Jual di Bawah 4 Juta

Masalah harga tentu selalu jadi hal utama yang memikat hati pembeli. Semua orang tentu ingin memiliki produk berkualitas yang harganya cukup miring. BlackBerry Gemini hadir untuk menjawab semua itu. Ya. Harga jual BlackBerry Gemini memang dipatok di bawah Rp4.000.000,00.

Patokan harga tersebut tentu saja jauh lebih murah dibanding BlackBerry seri lain sehingga target Gemini untuk menembus segmen yang lebih rendah semakin tampak jelas. Meskipun demikian, segmen ini dinilai lebih menjanjikan karena lahan operasi lebih luas dibanding kalangan high-end.

5. Bentuk dan Tampilan

Hal yang langsung terasa saat memegang BlackBerry 8520 adalah bobotnya yang lebih ringan. Hal ini terjadi karena beberapa komponennya lebih banyak menggunakan karet dibanding logam. Contohnya, pada rangka bezelnya. Bezel karet ini akan membuat BB lebih kesat saat digenggam sehingga tidak mudah lecet dan terjatuh.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki BlackBerry Gemini. Dari semua kelebihan yang dimilikinya, harga yang relatif murah serta sistem navigasi trackpad optical, menjadi alasan utama masyarakat Indonesia untuk membeli handset ini.

Selamat bernavigasi dan semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s