Membangun Bisnis dari Nol

Dunia bisnis semakin berkembang dengan pesat karena kebutuhan yang juga meningkat. Banyak yang lebih memilih berbisnis daripada harus dengan penghasilan upah atau menggantungkan gaji bulanan. Sehingga, tingkat persainganpun meningkat dan hanya orang yang kuat dan punya kreativitas sajalah yang akan mampu bersaing dengan para pebisnis lainnya.

Bila Anda ingin membangun bisnis, berarti sama halnya Anda akan menjadi seorang pemimpin/wirausahawan, maka Anda perlu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mental. Faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan antara lain: lokasi pasar, lokasi sumber bahan baku, alat angkutan, sumber energi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Anda juga memiliki organisasi yang kuat, administrasi, manajemen, leadership, pengambilan keputusan, dan komunikasi.

Dapat saja Anda terjun dalam bisnis yang salah, karenanya jangan cepat ganti usaha. Namun, jangan pula begitu bertahan, mengapa? Coba adakalanya Anda belajar dari jerapah dan tupai. Dengan menggunakan jurus jerapah, Anda harus mempunya SDM yang berkualitas agar Anda siap bersaing dipercaturan bisnis. Dengan menggunakan jurus tupai, yaitu Anda siap merintis bisnis sederhana meski dana dukung langsung yang dibutuhkan sangatlah besar.

Mambangun Bisnis

Beberapa tips membangun bisnis dari nol ini bisa Anda gunakan:

Akuilah bahwa kegagalan Anda dalam berbisnis membawa pada kesuksesan yang tertunda. Mengerti bahwa kesalahan semata-mata memberikan informasi yang diperlukan untuk belajar sehingga berhasil dalam membangun bisnis.
Hidup pada masa sekarang dan sekarang inilah saatnya! Kembangkan kemampuan Anda untuk memusatkan perhatian pada masa sekarang setiap waktu, setiap tugas bernilai.
Tegaskan komitmen Anda. Ikuti misi Anda tanpa ragu-ragu, tetap pada relnya. Lakukan apa saja untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai bagian dari tujuan bisnis.
Jadilah pemilik yang bertanggungjawab. Jadilah seseorang yang dapat diandalkan, seseorang yang bertanggungjawab.
Tetap fleksibel. Pertahankan kemampuan untuk mengubah yang sedang Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Menuju Keberhasilan Bisnis

Membangun bisnis dari awal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Berbeda dengen orang yang melanjutkan bisnis orang tua atau bekerja sebagai businessman di kantor-kantor.

Dibutuhkan motivasi pribadi yang ulet dan tangguh untuk memulai bisnis dari nol. Untuk itu, Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses dan Anda juga akan menuju berhasil, baik secara pribadi maupun professional bila Anda:

Bersikap jujur dalam komunikasi sesama pebisnis maupun dengan customer.
Berbicaralah dengan niat baik.
Selalu menepati janji dan amanah.
Berkeinginan untuk berbagi dan mendukung sehingga setiap orang untuk berhasil.
Bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang berlimpah.
Tinggalkan hal yang tidak berhasil.
Akuilah prestasi orang lain.
Keuntungan yang Anda dapat dari memulai bisnis dari nol adalah bahwa Anda akan mempunyai pondasi bisnis yang kuat. Keuntungan lain yang didapat dari memulai bisnis dari nol ini adalah Anda juga mempunyai kesatuan lini manajemen bisnis yang lebih kuat, lingkungan yang berlimpah dengan didukung resources yang memadai, dan pelanggan akan merasa puas dan terpenuhi keinginannya.


Menggali Ide Usaha

Banyaknya pencari kerja dan semakin sempitnya lapangan kerja membuat angka pengangguran semakin meningkat tajam. Seiring dengan berjalannya waktu, bila kondisi ini terus menerus dibiarkan maka yang akan terjadi adalah angka pengangguran akan meningkat dengan sangat tajam dan pertumbuhan ekonomi akan terjun bebas. Tentu semua pihak tak ingin bila kondisi ini terjadi. Itu sebabnya dibutuhkan jutaan ide usaha untuk menciptakan lapangan kerja.

Sayangnya, banyak pihak yang masih belum mau mengembangkan ide usaha yang mereka miliki. Kaum intelektual saja misalnya, atau yang biasa disebut mahasiswa, lebih suka menjadi pegawai daripada menjadi pengusaha.

Padahal bila mereka mencoba untuk menjadi pengusaha, kesempatan mereka untuk berkembang akan jauh lebih luas. Mereka tidak hanya mendapatkan untung secara pribadi namun juga keuntungan lainnya.

Menentukan Ide Usaha

Ada begitu banyak ide usaha yang berceceran. Kita hanya tinggal memungut dan mengolahnya saja agar ide tersebut tak sia-sia dan menjadi sesuatu yang bermanfaat buat kita dan orang lain.

Adapun untuk menentukan ide usaha apakah yang nantinya akan kita pilih, adalah dengan cara sebagai berikut.

1. Pilih ide usaha yang kita kuasai dan sukai.

Sebaiknya kita memilih usaha yang kita sukai dan kuasai (walau sebenarnya untuk faktor yang terakhir ini bisa dipelajari seiring dengan berjalannya waktu). Mengapa kita harus memilih sesuatu yang kita sukai?

Biasanya, kita akan melakukan apa saja untuk sesuatu yang kita sukai. Kita juga rela untuk mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki karena kita memang mencintai dunia tersebut. Bila segala sesuatu dilakukan dengan cinta dan dari hati, maka hasilnya pun akan maksimal. Misalnya kita menyukai dunia masak memasak, maka kita bisa memilih ide usaha untuk membuka catering atau usaha lain yang sejenis.

2. Lihat pangsa pasarnya.

Setelah memilih ide usaha yang akan kita jalani, langkah selanjutnya adalah melirik pangsa pasar untuk ide usaha yang kita pilih tersebut. Melihat pangsa pasar ini adalah untuk menentukan strategi selanjutnya. Misalnya, kita memilih ide usaha di bidang makanan. Langkah selanjutnya adalah menentukan pasar mana yang akan kita bidik, apakah pasar mahasiswa atau karyawan.

3. Lihat pesaing.

Melirik pesaing juga penting kita lakukan. Hal tersebut juga untuk menentukan strategi berikutnya. Dengan melirik dan mengamati pesaing, kita akan mengetahui seberapa besar kekuatan pesaing kita. Pesaing adalah buku bagi seorang pebisnis yang wajib dibaca.

Merealisasikan Ide Usaha

Ide usaha saja tanpa ada realisasi, tidak akan ada artinya. Oleh sebab itu, setelah kita mantap dengan ide usaha yang kita miliki dan pilih, maka langkah selanjutnya adalah merealisasikannya.

Muda, tampan, memiliki banyak uang dan mempunyai kekasih yang cantik. Rasanya lengkap sudah kehidupan Chico Jericho.

Namun siapa sangka, masih ada satu impian Chico yang belum terwujud hingga saat ini. Apa itu? Menjadi seorang pengusaha.

“Semoga menjadi pengusaha. Dari dulu gue meu banget buka usaha dan buka restoran,” ujarnya saat ditemui di kantor MD Entertainment, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2011).

Kini, perlahan ia mulai mewujudkan impiannya itu. Baru-baru ini Chico membuka usaha restoran Thailand di Jakarta.

“Pastilah dibantu sama keluarga nggak mungkin gue dilepas begitu saja karena ini pertama kalinya,” paparnya lagi.

Ia sengaja memilih restoran Thailand lantaran di Indonesia masih jarang tempat seperti itu. “Lagian masyarakatnya suka sekali dengan kuliner jadi gue pilih itu,” imbuhnya seraya tersenyum.

Mendapatkan peran yang mengharuskannya mengenakan jilbab, Gracia Indri mengaku jadi banyak belajar. Ia pun jadi mengagumi para wanita yang memakai jilbab. Ia bisa merasakan, keputusan memakai jilbab itu tidaklah mudah.

Menurutnya, harus banyak yang dipersiapkan dan banyak hal lain yang perlu dikalahkan sebelum seorang wanita memutuskan memakai jilbab.

“Aku kagum mereka yang mengenakan jilbab. Mereka bisa tahan dengan panas, belum lagi mereka harus memakai tangan panjang,” ujarnya saat ditemui di kantor MD Entertainment, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2011).

Lebih lanjut ia menuturkan, dengan mengenakan jilbab itu juga merupakan beban tersendiri baginya. Namun, ia tak akan menampik jika kelak ada peran dengan tawaran yang sama.

“Kalau dapat peran lagi pakai jilbab ya nggak apa-apa asal bagus jalan ceritanya,” paparnya.

Ini adalah kali pertama ia mendapatkan peran sebagai perempuan berjilbab dalam sinetron. Ia mengambil peran tersebut lantaran jalan cerita yang bagus.

Penyanyi Jennifer Lopez ikut meramaikan festival musik iHeartRadio di Las vegas, Amerika Serikat pada 24 September lalu. J-Lo pun sangat seksi saat beraksi di atas panggung.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (26/9/2011), J-Lo tampil dengan kostum seksi berwarna merah. Kostum tersebut memamerkan aset J-Lo yang paling berharga, yaitu bokongnya.

Dengan dukungan beberapa penari latar yang enerjik, J-Lo membawakan single-single terbaiknya. Di antaranya, ‘Get Right’, ‘On the Floor’, ‘Let’s Get Loud’, ‘Ain’t It Funny’, ‘Jenny From The Block’ dan single teranyarnya, ‘Papi’.

Selain J-Lo, penampilan Lady Gaga di festival musik itu juga menjadi pusat perhatian. Gaga naik ke atas panggung dengan mengendarai motor yang dibangun dari spare-part mobil dan motor.

iHeartRadio juga menampilkan penyanyi senior Sting. Tampil di acara itu, penyanyi asal Inggris itu pun berkolaborasi dengan vokalis Aerosmith, Steve Tyler.

Andhika Pratama mengaku dirinya tak bisa bangun pagi. Namun dengan kehadiran sang kekasih, Ussy Sulistyawati hal tersebut kini tak menjadi masalah lagi.

“Dia ini alarmku setiap pagi,” ujar Andhika saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2011).

Memang tak sia-sia Ussy setiap pagi membangunkan Andhika. Hasil dari usahanya tersebut membuahkan penghargaan bagi Andhika.

“Alhamdulillah dapat penghargaan Presenter Paling Inbox. Itu semua berkat Ussy yang nggak bosan menelepon aku setiap pagi,” pujinya.

Tak hanya sebagai “alarm”, Ussy bagi Andhika juga tempat belajar terutama mengenai dunia presenter. Andhika mengaku banyak belajar dari kekasihnya itu.

“Karena memang dia (Ussy) yang lebih dulu terjun menjadi presenter daripada aku. Jadi aku belajar banyak hal dari dia,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s