Memilih tempat menabur

Memilih Tempat Menabur (3)
MONDAY, 20 JUNE 2011
Total View : 1403 times

Menabur Dalam Iman dan Keyakinan

Langkah hidup orang Kristen adalah langkah iman, melangkah bahkan ketika kita tak yakin kita punya semua yang diperlukan untuk merampungkan pekerjaan. Semuanya terkait dengan iman bahkan menabur pun dilakukan dalam iman. Petani menabur karena ia melihat panen yang akan tiba di hari depan. Dia tak tahu bagaimana panen yang akan tiba di hari depan. Dia tak tahu bagaimana benih itu bertumbuh, yang ia tahu benih itu pasti bertumbuh. Tugasnya hanyalah mengolah tanah dan menanam benihnya di sana.

Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba. (Markus 4:26-29)

Saat memberi, kita mesti memberi dengan iman sambil membayangkan hasil panennya. Jika mengibaratkan iman adalah visi, memberi dengan iman akan memampukan kita memiliki visi dari hasil menabur itu. Visi itu adalah harapan dan kita akan menabur dengan penuh pengharapan. Panen yang kita lihat adalah orang-orang yang datang kepada Kerajaan Allah. Kita harus memiliki cara pandang Yesus dalam melihat jiwa-jiwa, saat menabur untuk pekerjaan Tuhan, dan bukan memberi hanya karena kebiasaan saja.

Kita mungkin sedang memberi untuk mengelabui atau membuat orang lain terkesan, tetapi Allah tak akan menanggapi dan melipatgandakan benih yang ditabur untuk tujuan kedagingan seperti itu. Allah akan melipatgandakan apa yang ditabur dalam kasih, ketaatan, dan keyakinan.

Menabur untuk kehidupan menuntut keyakinan yang radikal bahwa Allah sedang bekerja dan akan memenuhi apa yang kita butuhkan tepat ketika kita membutuhkannya. Sebagai contoh, jika kita memiliki hasrat untuk melakukan pekerjaan misi tetapi sedang tak cukup dana untuk melakukannya, kita sebaiknya menabur kepada mereka yang sedang melakukannya. Jika saatnya sudah tepat bagi kita untuk berangkat, kita bisa yakin bahwa seseorang akan menyediakan uang yang kita butuhkan.

Langkah menabur kembali kepada Allah dalam keyakinan menyatakan bahwa kita telah menerima dengan baik semua yang kita yakini. Kita berserah kepada Allah dengan apa yang sebelumnya telah Ia berikan dalam keyakinan kita. Kita harus setia mengurus apa yang Allah berikan kepada kita. Apapun yang kita miliki, datang dari Allah dan kembali kepadaNya. Itulah yang telah dilakukan oleh Bapa.

Yesus tahu, bahwa BapaNya telah menyerahkan segala sesuatu kepadaNya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah. (Yohannes 13:3)

Bapa surgawi telah menabur kasih dan kemurahanNya ke dalam dunia. Ia menabur benih, anakNya yang tunggal, untuk menuai panen (gerejaNya, yaitu Anda dan saya). Ia menabur Benih yang harus mati untuk mendatangkan kehidupan dan hasil panen.

Benih kudus ini menghasilkan panen yang terus menerus berlipat ganda hingga keabadian. Kita punya sebuah pola dan contoh untuk diteladani. Bapa menabur sebuah Benih untuk kehidupan, kehidupanNya sendiri.

Alkitab mengatakan bahwa pada suatu hari segenap bumi akan dipenuhi kemuliaan Tuhan oleh para orang sucinya (Anda dan saya) yang karenanya Ia menabur Benih kepunyaanNya untuk panen besar itu.

Begitu juga dengan kita. Jika panen yang kita dapat belum memenuhi harapan, kita harus menabur lebih banyak benih untuk mencapai hasil akhir yang kita cari.

Mitra CBN, tetaplah menabur benih bagi pekerjaan Tuhan!

Pameran Kontroversial : Yesus Berkuping Mickey Mouse

Di Filipina ada sebuah pameran yang kontroversial sehingga terpaksa harus dibubarkan. Pameran ini telah dihentikan setelah presiden Filipina turun tangan langsung. Pasalnya, pameran seni ini menampilkan salib dengan menempelkan model penis. Tentu saja hal ini membuat umat Katolik marah. Apalagi Filipina memang bermayoritas penduduk Katolik.

Presiden Benigno Aquino sendiri mengatakan bahwa acara yang dimulai pada bulan Juni lalu ini merupakan hal yang menghina. Bahkan sehari sebelumnya, mantan ibu negara Imelda Marcos juga melayangkan protesnya terhadap penyelenggaraan acara. Seperti dilansir BBC, Rabu (10/8), acara yang bertema Politheisme ini, bahkan juga memajang patung Yesus dengan telinga Mickey Mouse. Terdapat juga sebuah dinding dengan gambar Yesus Kristus dan Bunda Maria disandingkan dengan Patung Liberty dan Presiden Barack Obama.

Menurut penyelenggara acara, tujuannya dalam menyelenggarakan pameran ini adalah untuk menunjukkan bahwa semua itu hanyalah ikon penyembahan. “Ini berbicara mengenai objek yang kita sembah, bagaimana kita menciptakan tuhan-tuhan dan idola ini, hingga pada akhirnya kita diciptakan oleh tuhan-tuhan dan idola ini,” ujarnya. Cruz memang mengatakannya sendiri bahwa dia mencoba memancing reaksi, namun tidak menyangka bahwa reaksi yang didapatkan ternyata sangat keras. Dia bahkan mendapatkan surat ancaman kematian dan beberapa karyanya dirusak.

Tidak ada satu orangpun yang suka jika Tuhannya seolah-olah dijadikan olokan. Hal ini tentu akan mendatangkan kemarahan. Namun, yang harus benar-benar kita perhatikan adalah jangan sampai simbol itu memiliki arti yang lebih penting dari yang seharusnya. Simbol bagaimanapun juga hanyalah sebuah simbol keagamaan.


Editorial Jawaban.com – Suara dari Tragedi Rawagede

64 tahun yang lalu tepatnya pada 9 Desember 1947 sebuah peristiwa yang tidak akan pernah dilupakan terjadi di Kampung Rawagede Karawang ketika serdadu Divisi 7 Desember kerajaan Belanda mengeksekusi 431 penduduk yang tidak mau bekerjasama memberitahu keberadaan tentara Indonesia.

Peristiwa yang dinamai dengan Tragedi Rawagede ini membawa pilu dan kesedihan berkepanjangan untuk para keluarga korban selama berpuluh tahun. Pada kurun waktu itu juga tidak ada perhatian yang memadai dari pemerintah Indonesia untuk keluarga korban. Hingga atas nama keadilan pulalah yang membuat beberapa janda yang suaminya ikut terbunuh pada peristiwa itu, berjuang bersama beberapa LSM HAM terkait untuk mendapatkan keadilan yang mereka cari sebagai peretas penyelesaian tragedi yang telah terkubur puluhan tahun lamanya.

Perjuangan yang dibawa hingga ke pengadilan tinggi Belanda, akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan. Pada 14 September 2011, Pengadilan Den Haag Belanda menyatakan, Kerajaan Belanda bertanggung jawab atas eksekusi mati tersebut berikut kompensasi yang harus dipenuhi untuk para keluarga korban. Beberapa catatan penting pun terungkap ke permukaan pada proses pencarian keadilan ini.

Pertama, tidak ada langkah dan usaha dari pemerintah untuk setidaknya ikut membantu dan menjembatani pengungkapan kasus ini. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha pun hanya mengatakan, pemerintah hanya menunggu sikap pemerintah Belanda dan mengikuti sekaligus menghormati tiap putusan yang dikeluarkan.

Kedua, Pengurus Yayasan Rawagede Sukarman menuturkan bahwa Pemerintah Belanda sempat mengklaim pernah memberikan hibah kepada para janda dan ahli waris korban peristiwa Rawagede sekitar 8.500 Euro yang setara lebih dari Rp10 miliar pada 2009 melalui pemerintah Indonesia. Namun hibah dari Pemerintah Belanda itu tidak pernah diperoleh. Lagi-lagi tidak ada penjelasan resmi dari pemerintah Indonesia terkait hal ini.

Ketiga, setiap kasus pelanggaran HAM yang terjadi dan dialami oleh masyarakat di negeri ini selalu menguap dan hilang dengan sendirinya tanpa pengungkapan yang tuntas dari pemerintah. Jikapun ada maka hanya seremonial peringatan semata tanpa adanya penelusuran sejarah lebih detail untuk mengungkap dan meluruskan masalah.

Berkaca pada putusan pengadilan Belanda ini sudah seharusnya para punggawa hukum di Indonesia termasuk pemerintah belajar bahwa, keadilan adalah diatas segalanya tanpa memihak pihak manapun. Pengadilan Belanda berani mengatakan dan membuktikan bahwa pemerintahnya sendiri bersalah dan harus bertanggungjawab. Terakhir, masih banyak deretan pengungkapan kasus pelanggaran HAM yang antri untuk diselesaikan dan ditelusuri, bukan hanya untuk dicatat dan diketahui.


EF English Proficiency Index berhasil menemukan beberapa kunci yang menarik selama data uji unik (metodologi khusus) pada lebih dari dua juta orang di 44 negara yang menggunakan tes gratis secara online selama kurun waktu tiga tahun yakni 2007-2009. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris di Asia adalah rendah.

India sekarang tidak lebih cakap berbahasa Inggris dibanding Cina walaupun punya warisan sebagai kolonial Inggris dan reputasi sebagai negara berbahasa Inggris. Tentu sulit mengestimasi jumlah pasti pengguna bahasa Inggris di dua negara itu meski survey menunjukkan jumlah yang hampir sama. Cina diperkirakan melampaui India di beberapa tahun mendatang.

Temuan lainnya yakni Spanyol dan Italia tertinggal jauh dari negara Eropa Barat lainnya. Eropa Utara adalah pengguna bahasa Inggris tertinggi di dunia tentu bukan gambaran utama. Sekarang 90 persen siswa di Eropa wajib belajar bahasa Inggris di sekolah. Ditambah perusahaan dan pabrik di Eropa mengharuskan pekerjanya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Yang mengejutkan lagi adalah bahasa Spanyol mengalahkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di Amerika Latin. Amerika Latin menjadi daerah terbawah dengan kemampuan berbahasa Inggris yang hampir tidak melampaui batas akhir kemahiran tes. Ini dapat menunjukkan berbahasa Spanyol lebih penting di karena digunakan untuk bisnis internasional, diplomasi dan perjalanan.

Terakhir, negara dengan kemampuan berbahasa Inggris baik mempunyai pendapatan per kapita tinggi. EF EPI menunjukkan hubungan antara kemampuan berbahasa Inggris dengan penghasilan tinggi. Kasus sebab dan akibat. Negara berpenghasilan tinggi punya tendensi berinvestasi lebih di bidang pendidikan termasuk bahasa Inggris, bahasa pengantar utama di ekonomi global.(JUM)

Bandung (ANTARA News) – 176 anak di Jawa Barat terinfeksi HIV/AIDS karena tertular dari sang ibu. Angka tersebut berdasarkan data Dinas Kesehatan Jawa Barat.

“Itu belum diakumulasikan, jadi kemungkinan ada peningkatan jumlah dan data terbaru karena data itu masih terhitung Juni 2011,” kata Sekretaris Harian Komisi Penaggulangan AIDS Jawa Barat, Ari Lesmana, di Bandung, Senin.

55 di antaranya merupakan penderita yang terdapat di Kota Bandung, 49 lainnya merupakan anak terinfeksi HIV yang tersebar di empat kota dan kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, kota Tasikmalaya, dan kabupaten Tasikmalaya.

Ari menuturkan, 55 anak yang terinfeksi HIV di kota Bandung tersebut termasuk yang mendapatkan pelayanan dan kemudahan yang disediakan KPA. Sedangkan sisanya bisa dikatakan masih belum tersentuh.

“Anak yang terinfeksi HIV/AIDS rata-rata hanya sanggup bertahan selama 5 tahun. Namun, saat ini ada usia anak terinfeksi HIV yang paling lama sanggup bertahan, yaitu hingga 15 tahun,” ujar Ari.

Kematian dua warga Desa Saringkulit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, yang diduga akibat keracunan susu cair akhirnya terkuak. Dua dari tiga warga yang keracunan tersebut ternyata bukan meminum susu, melainkan racun rumput yang jika diseduh warnanya sama seperti susu.

Dua warga yang tewas masing-masing Sri boru Barus (35), Satrio (7). Sementara satu korban lagi, Rizki (7) berhasil diselamatkan dan saat ini menjalani perawatan intensif di RSUP Adam Malik Medan.

Salah seorang warga desa, Segel Keliat, mengatakan, warga mengetahui para korban ternyata meminum racun setelah memeriksa sisa minuman yang ada di botol mineral tempat racun diseduh. Selain itu, juga dari sampah bungkus racun sachetan yang ada di rumah korban Sri.

“Racun rumput ini memang kalau dikasih air warnanya putih kayak susu,” kata Segel saat dihubungi okezone, Senin (19/9/2011)

Segel mengisahkan, saat itu Sri sedang sendirian di rumahnya. Karena tidak bisa membaca, Sri yang juga mengalami gangguan jiwa ini, menyedu racun rumput sachetan, yang dikiranya susu.

“Padahal biasanya kalau mau minum susu, dia beli dulu susu sachetan di kedai,” ujar Segel.

Mirisnya, tidak hanya Sri yang meminum racun tersebut. Dua bocah yang saat itu bersama dirinya usai bergotong-royong membersihkan jalan, juga ikut serta meminumnya. Dua bocah ini juga mengira kalau minuman tersebut adalah susu.

Akibatnya, ketiga korban kejang-kejang. Sri dan Satrio meninggal, sementara Rizki berhasil diselamatkan karena hanya meminum sedikit.

Pejabat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali mengatakan bahwa setiap tahunnya sekitar 300 bayi di Pulau Dewata tertular virus HIV dan dibutuhkan peran masyarakat untuk mencegah serta menanggulangi penyakit itu.

Hal itu disampaikan Koordinator Pokja Humas Informasi Pencegahan & Advokasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali, Prof Mangku Karmaya, disela kegiatan sosialisasi yang bertajuk “Bankers Go Surf, Stop AIDS!” pada Minggu.

“Namun angka yang cukup besar itu dapat ditekan, jika seluruh kalangan masyarakat mau bergerak untuk mencegah penularan kepada generasi penerus,” katanya.

Dia menjelaskan, cara mencegah dapat dilakukan dengan menggalakkan program prevention mother to child transmission (PMTCT) di kalangan ibu hamil.

Program itu bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada para ibu hamil yang memiliki pasangan dengan gaya hidup beresiko, maka disarankan untuk melakukan “voluntary counseling and testing” (VCT).

Mengenai pemeriksaan VCT, ucap Karmaya, dapat dilakukan di seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di kabupaten/kota se-Bali. Pemeriksaan tersebut semuanya tanpa dikenai biaya.

“Apabila hasil tes tersebut positif, maka akan segera dilakukan pencegahan terhadap bayi dengan secara rutin mengkonsumsi obat antiretrovirus (ARV) supaya nantinya bayi tidak tertular,” ujarnya.

Selain itu, ucap Karmaya, dalam proses persalinan, sang ibu diwajibkan menjalani proses kelahiran dengan cara operasi caesar.

Menurut Karmaya, apabila program PMTCT itu dapat berjalan dengan baik maka dipercaya akan menekan angka penularan HIV kepada bayi.

“Jika program tersebut berjalan dengan baik maka diperkirakan dalam setahun hanya 14 bayi saja yang tertular,” katanya.

Oleh karena itu, tambah Karmaya, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai program pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi ke seluruh kawasan Pulau Dewata.

EF English First, lembaga pendidikan terkemuka dunia mengumumkan laporan komprehensif pertama tentang indeks kemampuan berbahasa Inggris di 44 negara dimana bahasa Inggris bukan bahasa yang digunakan. Hasil EF English Proficiency Index menempatkan Indonesia di peringkat 34 dari 44 negara.

Indeks menggunakan data uji unik (metodologi khusus) pada lebih dari dua juta orang di 44 negara yang menggunakan tes gratis secara online selama 2007-2009. Dengan nilai ekonomis yang dihabiskan untuk belajar bahasa Inggris pada sektor swasta, kemampuan bahasa Inggris negara Asia di bawah perkiraan.

Selanjutnya, walaupun negara Eropa performanya lebih baik, Spanyol dan Italia tertinggal dari Eropa Barat lainnya. EF English Proficiency Index juga menunjukkan korelasi antara kemampuan berbahasa Inggris dengan pendapatan nasional per orang di negara itu. Korelasi terlihat antara tingginya tingkat pendidikan dan kemapanan bidang ekspor negara bersangkutan.

“Di era kompetisi dan ekonomi global, kemampuan berbahasa Inggris adalah mutlak diperlukan untuk bekerja,” kata Bill Fisher, Presiden divisi online EF Englishtown. Lebih lanjut katanya, “bagi negara berkembang untuk bisa berkompetisi di industri global dan memanfaatkan tren bisnis outsourcing, kemampuan berbahasa Inggris merupakan prioritas utama bagi masyarakatnya”.

Laporan perdana EF EPI di 44 negara memberikan ilustrasi perbedaan kemampuan berbahasa Inggris terkini. Perbandingan negara dengan tetangga, bisnis asosiasi dan sekutunya menunjukkan hasil studi berbeda tentang prioritas nasional dan kebijakan sistem pendidikan di Eropa, Asia, dan Amerika Latin.(JUM

Fernando Torres mencetak satu gol dan secara keseluruhan tampil oke di Old Trafford. Namun kegagalan dia menjebol gawang Manchester United yang sudah kosong jadi kisah baru El Nino.

Fernando Torres dipasang sebagai starter oleh pelatih Andre Villas-Boas saat Chelsea mendatangkan Old Trafford, Minggu (18/9/2011) malam. Dia jadi salah satu dari tiga pemain depan selain Daniel Sturridge dan Juan Mata.

Dia antara nama-nama tersebut, Torres sesungguhnya layak dianggap yang terbaik, bahkan jika dibandingkan dengan seluruh pemain The Blues yang dimainkan. Bukan semata karena golnya, tapi kontribusi besar yang dia berikat buat seluruh timnya.

Torres musim ini memang sudah jauh lebih rajin, lebih bersemangat dan mengurangi keindividualannya di muka gawang. Hal mana kembali dia buktikan malam tadi.

El Nino melepas umpan mendatar di dalam kotak penalti, yang sayangnya gagal diceploskan ke gawang oleh Ramires meski saat itu dia punya kesempatan sangat besar mencetak gol. Sementara di kesempatan lain, eks Atletico Madrid dan Liverpool itu menunjukkan aksi individu yang mengancam gawang David De Gea.

Namun yang paling akan diingat dalam pertandingan tersebut adalah kegagalan Torres menjebol gawang MU saat dia tinggal menghadapi gawang yang kosong, benar-benar kosong dan tak satupun ada penghalang antara dia dan gol keduanya.

Momen tersebut terjadi di menit 83. Torres ketika itu lolos dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan. Dengan mudah dia memperdaya De Gea untuk punya peluang mengubah kedudukan menjadi 3-2.

Tingga beberapa langkah saja jarak Torres dengan garis gawang, yang sudah tanpa penghuni tentunya. Sementara fans ‘Setan Merah’ saat itu seperti sudah rela gawangnya akan kebobolan untuk kali kedua. Torres melepaskan tembakan…. dan meleset.

Dalam tayangan televisi terlihat beberapa fans MU tertawa dan bertepuk tangan melihat hal tersebut. Sebuah kondisi yang disebut Villas-Boas jamak terjadi di sepakbola, sebagaimana Wayne Ronney gagal mengeksekusi penalti lantaran terpeleset di pertandingan yang sama.

“Anda harus bersikap fair. Kita telah melihat dua striker terbaik dunia membuang mensia-siakan peluang yang sangat baik. Fernando dengan kegagalannya dan Wayne Rooney dengan penaltinya. Tak ada yang dramatis, tapi kadang itu bisa menjadi sesuatu,” ungkap Villas-Boas di BBC.

“Saya pikir semua pemain telah tampil fantastis dengan usaha yang mereka lakukan untuk bereaksi terhadap apa yang terjadi (setelah tertinggal 3-0),” tukas pria asal Portugal itu.

Terlepas dari kegagalan mengerikan tersebut, Torres menyudahi penantian mencetak gol. Gol malam tadi merupakan yang pertama dia buat musim ini, atau yang kedua sejak dia didatangkan dari Liverpool di musim dingin lalu.

Pertandingan Manchester United kontra Chelsea berlangsung seru dengan kedua tim gantian melancarkan serangan. Laga yang berkesudahan dengan skor 3-1 itu disebut Sir Alex Ferguson mirip pertandingan bola basket.

MU memetik kemenangan 3-1 atas Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris pekan kelima. Meski unggul lebih dulu 3-0, The Red Devils dapat perlawana sengit dari tamunya terutama di babak kedua.

Statistik pertandinga menunjukkan kalau The Blues bahkan lebih unggul dalam hal membuat peluang. John Terry cs melepskan 20 tembakan, sementara kubu tuan rumah membuat 12 tembakan. Kondisi yang disebut Fergie seperti pertandingan basket.

“Sulit untuk menganalisa karena ada banyak sekali kesalahan. Itu membuat pertandingan berjalan menarik. Seperti pertandingan basket – mereka menyerang dan Anda menyerang. Sangat terbuka buat mereka,” sahut Fergie dalam wawancaranya dengan Skysport.

Diakui Fergie Chelsea tampil bagus dalam laga di Old Trafford tersebut. Anak didik Andre Villas-Boas sayangnya membuang beberapa peluang matang yang dimiliki baik di babak pertama maupun kedua.

“Mereka bisa saja mencetak tiga atau empat di babak pertama, namun kami menampilkan sepakbola yang hebat saat itu,” tuntas Fergie.

Punya lebih banyak peluang namun akhirnya Chelsea harus kalah dari Manchester United. Plus apa yang terjadi saat pertandingan, Andre Villas-Boas menyebut laga ini “gila”.

Bertandang di Old Trafford, Minggu (18/9/2011) malam WIB, Chelsea sudah tampil menyerang sejak awal.

Tapi sayangnya mereka kebobolan lebih dulu dari gol Chris Smalling di menit 7. Sesudahnya Chelsea masih menguasai jalannya laga tapi lagi-lagi ketidaktenangan di depan gawang membuat gol urung tercipta.

Sebaliknya MU yang bermain lebih efektif malah bisa mencetak dua gol tambahan lewat Luis Nani dan Wayne Rooney.

Masuk di babak kedua gol Fernando Torres memperkecil ketertinggalan. Chelsea nyaris kebobolan lagi andaikan Rooney sukses mengeksekusi penalti di pertengahan babak kedua.

Lagi-lagi peluang emas dibuang tim tamu saat Torres yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong di menit ke-83 malah mengarahkan bola ke samping gawang.

Soccernet mencatat The Blues membuat 22 shot dengan delapan on goal. Sementara The Red Devils cuma punya 14 shot dengan enam on goal.

“Ini pertandingan yang gila. Skor akhir tidak menunjukkan apa yang terjadi di pertandingan. Kami punya banyak peluang yang sangat bagus namun kami membuang-buang peluang,” sesal Villas-Boas usai laga seperti dilansir BBC.

Ada kekecewaan besar dirasakan Sir Alex Ferguson menyusul kemenangan 3-1 Manchester United atas Chelsea. Manajer asal Skotlandia itu mengecam dengan keras tekel Ashley Cole pada Javier Hernandez.

Hernandez gagal bermain hingga laga MU vs Chelsea benar-benar tuntas. Dia ditarik keluar di menit 79 dan digantikan Demitar Berbatov setelah mendapat cedera di kaki kanannya.

Cedera tersebut didapat Hernandez akibat tekel keras yang dilancarkan Ashley Cole. Peristiwanya terjadi saat dia melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti dan Cole datang melakukan tekel sambil menjatuhkan diri berniat memblok.

Wasit kemudian memberi kartu kuning pada Cole. Namun itu tak memuaskan Fergie yang merasa aksi wing back timnas Inggris itu membahayakan kondisi pemainnya.

“Saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan. Buat saya tekel itu mengejutkan, benar-benar tekel yang mengejutkan,” sahut Fergie di Skysport.

Hingga kini Fergie belum mengetahui secara pasti kondisi Chicharito. Apakah striker itu akan absen atau bisa langsung bermain di laga berikutnya Fergie juga tak bisa memastikan.

Dari kejadian tersebut Fergie juga mengkritik keputusan wasit yang tidak memberi timnya hadiah penalti menyusul kejadian tersebut. Padahal Cole dapat kartu kuning akibat aksinya itu.

“Wasit sudah mengkartu dia, tapi jika dia dikartu kuning saya tidak tahu kenapa itu tak berujung penalti. Saya harus bertanya padanya.”

“Kami akan menunggu hingga pagi. Saat ini kakinya mati rasa dan dia tak merasakan apapun. Jadi dia bisa absen beberapa pekan mungkin,” tuntas Fergie

Real Madrid menyerah kalah di kandang Levante. Menurut entrenador Madrid Jose Mourinho, hasil itu adalah cerminan dari sepakbola “kotor” yang dimainkan tuan rumah.

El Real pulang dari Ciutat de Valencia, Senin (19/9/2011) dinihari WIB, dengan kekalahan 0-1 atas tuan rumah. Madrid juga harus menuntaskan laga minus satu pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima Sami Khedira pada menit 40.

“Aku hanya perlu memberi selamat kepada mereka (Levante) yang cerdas karena mereka tahu bagaimana cara memprovokasi, mereka tahu bagaimana cara berpura-pura, mereka tahu bagaimana cara mengulur waktu, mereka tahu bagaimana cara menahan-nahan bola, mereka tahu ini adalah bagian dari sepakbola,” ujar Mourinho di AFP.

“Dan di sini aku setuju kalau pemain kami sama sekali tidak nyaman dalam permainan seperti itu. Kami punya para pemain yang sangat pandai tampil di level besar, dan mereka datang ke mari dan tidak bisa beradaptasi dengan situasi,” lanjutnya.

Dalam pertandingan itu sendiri, Madrid sebenarnya cukup mendominasi permainan. Terbukti dengan penguasaan bola Madrid yang dicatat Soccernet mencapai 70%. Madrid juga membuat 14 tembakan, sedangkan Levante 11. Namun, Mourinho menilai strategi negatif Levante terbukti lebih jitu.

“Aku tidak mau menggunakan kata-kata ini, aku tidak tahu apa kata-kata ini kasar, jika demikian itu bukanlah niatku, tapi aku tidak bisa menemukan kata-kata lain–inilah sisi kotor dari sepakbola, Anda tahu: berpura-pura, provokasi, mengulur waktu, menahan-nahan bola,” sindir Mourinho.

Selain menyindir lawan, pria Portugal tersebut sebelumnya juga tidak segan menyalahkan Khedira yang dinilainya sudah termakan provokasi lawan. Tapi selain itu Mourinho juga menilai kalau wasit pun pegang andil dalam kekalahan Madrid.

“Tapi seperti yang saya katakan, wasit juga memiliki kesalahan karena sebuah hukuman seperti kartu merah adalah hal besar, di dalam sebuah permainan yang berimbang pun itu hal besar, dan kesalahan dilakukan kami, diriku sendiri dan juga para pemain yang ada di lapangan,” paparnya.

Belanja musim panas Manchester City rupanya belum memuaskan Roberto Mancini. Buktinya si manajer City mengaku masih kekurangan pemain.

Laju menawan City di awal musim ini akhirnya teredam di Craven Cottage, Minggu (18/9/2011) malam WIB. Dijamu Fulham, The Citizens hanya bisa bermain seri.

City unggul lebih dulu lewat sepasang gol Sergio Aguero, yang diboyong musim panas ini, dan sepertinya akan memperpanjang rekor kemenangan 100% di awal musim Liga Primer.

Akan tetapi, dua gol City di paruh pertama itu bisa dibalas Fulham lewat gol Bobby Zamora dan Danny Murphy di babak kedua. Skor akhir 2-2.

Mancini jelas kecewa atas hasil imbang tersebut. Usai pertandingan, si Italiano lantas mengeluhkan kalau City masih kekurangan pemain.

“Saya hanya bisa mengganti para full-back dan penyerang. Saya cuma punya dua pemain tengah karena James Milner dan Nigel de Jong cedera,” keluhnya di Mirror.

“Saat ini kami kekurangan pemain,” simpul Mancini.

Selama tiga musim terakhir, City disebut-sebut sudah menghabiskan lebih dari 300 juta poundsterling, sekitar Rp 4,1 triliun, untuk belanja pemain.

Musim panas ini saja setidaknya ada lima pemain bernama besar yang sudah diboyong City, dengan nama Aguero dan Samir Nasri yang berturut-turut konon dibeli dengan harga 35 juta poundsterling dan 25 juta poundsterling, termasuk di antaranya.

Akan tetapi, melihat komentar Mancini tersebut, City niscaya akan kembali aktif berbelanja di bursa transfer musim dingin nanti.

Kekalahan Real Madrid atas Levante masih menyisakan rasa getir di kubu El Real. Levante pun disebut beruntung sedangkan Madrid dirugikan wasit.

Melawat ke markas Levante di Ciutat de Valencia, Senin (19/9/2011) dinihari WIB, Madrid pulang dengan kekalahan 0-1 setelah bermain minus satu pemain sejak akhir babak pertama.

Kartu merah itu sendiri diberikan wasit Javier Turienzo Álvarez kepada Sami Khedira pada menit 40, setelah kartu kuning pertama diacungkan di menit ke-25.

“Kartu merah itu mempengaruhi hasil. Permainan Levante membaik dan mereka bikin kami menderita. Kami harus lebih kompak lagi untuk menghindari hal seperti itu,” ujar Ricardo Carvalho di situs Madrid.

“Kami punya sedemikian banyak peluang bikin gol dan kami bermain bagus sampai dengan adanya kartu merah itu. Mereka kemudian beruntung dan bikin gol,” sesal bek Madrid tersebut.

Rekan Carvalho, Pepe, turut menyoroti keputusan-keputusan wasit di dalam pertandingan tersebut. Menurutnya, pengadil lapangan saat itu cenderung berat sebelah.

“Wasit memainkan peranan penting. Ia menghukum kami dengan pelanggaran-pelanggaran yang tidak kami lakukan.”

“Wasit-wasit harus melakukan pekerjaannya dan mereka tidak melakukan itu malam ini. Sebelum kartu merah Khedira, ada pelanggaran terhadap (Angel) Di Maria yang tidak diberikan oleh hakim garis. Wasit harus adil kepada kedua kubu,” sergah Pepe.

ntastis Manchester United. Menyusul kemenangan atas Chelsea, The Red Devils menjalani start terbaiknya sejak musim 1985.

Kemenangan 3-1 MU atas Chelsea membuat The Red Devils meraih hasil 100% kemenangan dari lima pertandingan. Cuma ‘Setan Merah’ yang punya catatan sebagus itu, setelah Manchester City diimbangi Fulham 2-2, yang membuat mereka duduk sendiri di puncak klasemen.

Rentetan kemenangan yang didapat MU disebut Fergie mengejutkan dirinya. Apalagi Wayne Rooney cs tampil luar biasa dalam laga-laga tersebut dengan di antaranya menghancurkan Arsenal 8-2 dan mengungguli Tottenham Hotspur 3-0.

Total ada 21 gol dibuat pemain-pemain MU dalam lima pertandingan tersebut. Sementara gawang mereka cuma kemasukan empat kali.

“Tak pernah sebelumnya saya memiliki tim yang mengawali musim dengan performa luar biasa seperti ini dan banyak mencetak gol dengan banyak. Ini sebuah capaian baru buat saya — dan bisa mengatakan hal ini saat saya berada di tahap karir seperti sekarang ini, itu sungguh berarti,” sahut Fergie di TheSun.

Lima kemenangan di lima laga pertama merupakan start terbaik MU sejak tahun 1985. Ketika itu MU belum dibesut Alex Ferguson, yang baru datang setahun kemudian.

“Saya antusias dan kenapa tidak? Karena kami telah mencapai sesuatu yang spesial. Tentu saja, Anda tidak bisa berpikir ini akan bertahan terus menerus. Setelah seumur hidup menekuni permainan ini, sepakbola mengajari saya sering sekali ada peluang Anda tergelincir.”

“Kami mungkin akan kesulitan menpertahankan keberhasilan mencetak banyak gol di sepanjang Premier League musim ini. Tapi saya yakin kami akan bisa mengatasi lawan-lawan kami dan menjadi penantang serius titel juara lagi,” tuntas Fergie.

Duel Manchester City kontra Birmingham bisa menjadi ajang debut Owen Hargreaves. Meski masih menanti konfirmasi, Roberto Mancini mengaku sudah memplot Hargreaves untuk tampil.

Tengah pekan ini City akan menjamu Birmingham dalam ajang babak ketiga Piala Liga Inggris. Untuk laga tersebut, Mancini siap melakukan rotasi pemain, salah satunya dengan menurunkan Hargraves.

Mantan pemain Bayern Munich dan Manchester United itu nyaris sudah tidak memainkan partai kompetitif secara penuh dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Tetapi performa Hargreaves dalam sesi latihan sepertinya sudah cukup membuat Mancini menaruh kepercayaan untuknya.

“Saya harus bicara dengan Owen dan pada hari Selasa kami akan menentukan apa ia akan bermain, tapi kemungkinan besar ia bakal bermain,” jelas Mancini di ESPN Soccernet.

“Ia sudah berlatih secara penuh tapi ia belum 100%. Mungkin ia bisa bermain selama 30 atau 45 menit,” lanjutnya menganalisis si pemain yang diboyong City secara gratis pada musim panas ini.

Selain Hargreaves, Mancini juga sudah menyiapkan pemain-pemain pelapis lainnya untuk tampil. Pasalnya, ia butuh mengistirahatkan sejumlah pemain kuncinya, menyusul laga kontra Fulham yang berakhir 2-2 di Liga Primer akhir pekan lalu.

“Saya akan mengubah total tim karena saya mesti memberikan istirahat untuk lima atau pemain. Kami ingin terus maju di kompetisi ini tapi kami juga harus melakukan perubahan,” terangnya.

Besar kemungkinan Mancini akan mengandalkan Carlos Tevez di lini depan sedangkan Kolo Toure, yang sudah kembali pasca hukuman enam bulan, juga akan diturunkan demi memberinya waktu bermain.

Wise When You Speak

Posted: 18 Sep 2011 07:59 PM PDT
Amsal 10:19
Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.

Firman Tuhan ini selalu mengingatkan saya untuk bijak dalam berbicara. Beberapa kali saya menyesal telah mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak perlu dikatakan pada saat-saat tertentu. Beda kepentingan, beda status sosial, beda keyakinan, beda pendidikan dan beda pola pikir dapat menimbulkan salah paham.

Saya belajar banyak dari cara Yesus berbicara. Ia kadangkala menolak untuk mengungkapkan kebenaran tentang diri-Nya sendiri, bahkan di saat yang kelihatannya bagi kita merupakan ‘kesempatan untuk bersaksi’. Dia tidak selalu mengatakan siapa diriNya. Dia menyuruh beberapa orang yang disembuhkanNya untuk tidak menyebarkan mujizat yang terjadi. Ia tahu waktu yang tepat kapan Ia harus menutup dan membuka mulutNya. Ia tidak perlu menyesal untuk apa yang telah Ia katakan, karena sepanjang waktu Ia bijak dalam menggunakan mulut-Nya.

Sebagai manusia, seringkali kita tidak bijak dalam berkata-kata. Tapi hal tersebut bisa didapat dalam doa dan praktik sehari-hari. Minta kebijakan untuk berdiam diri ketika hal tersebut merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Minta untuk diingatkan bahwa kita tidak perlu mengatakan segala sesuatu dan hanya ada sedikit hal yang perlu dikatakan. Dan di sisi lain mintalah kata-kata yang tepat ketika harus berbicara.

Berhikmatlah dalam berkata-kata! Membangun atau menjatuhkan itu merupakan pilihan Anda.

Keajaiban Memberi (2)
TUESDAY, 05 APRIL 2011
Total View : 1675 times

Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau

meminjam dari padamu. (Matius 5:42)

Dua, memberi itu memperpanjang umur.

Ingin panjang umur dan awet muda? Rahasianya sangat sederhana, banyak-banyaklah memberi! James House di risetnya menyimpulkan, “Menolong orang lain secara sukarela meningkatkan kebugaran tubuh dan angka harapan hidup.” Barangkali Anda pernah membaca kisah hidup John D. Rockeffeler, seorang filantropi atau dermawan yang sangat terkenal. Sebelumnya Rockefeller adalah seorang yang tidak bahagia, sering sulit tidur, dan dokter memvonis hidupnya tinggal setahun lagi. Rockefeller mencoba menemukan arti hidupnya, lalu dia memutuskan untuk memberikan sebagian besar uangnya untuk amal, kaum papa dan orang-orang miskin. Luar biasa, justru hidupnya berbalik seratus delapan puluh derajat, kesehatannya membaik berlawanan dengan perkiraan dokter, ia bisa hidup sampai umur 98 tahun. Dengan memberi, Rockefeller mendapat “bonus” usia sampai 45 tahun. Tidak perlu heran ketika seseorang merasa hidupnya berarti dan merasa bahagia, maka secara otomatis itu akan berpengaruh pada kesehatan tubuhnya.

Tiga, memberi membuat kita berbahagia.

Elizabeth Dunn telah melakukan riset berkali-kali terhadap orang yang suka memberi. Dari hasil penelitian tersebut, Dunn menyimpulkan bahwa memberi sesuatu kepada orang ternyata mendatangkan kebahagiaan yang luar biasa. Bukankah kita sendiri mengalami hal tersebut di atas? Ketika kita mengulurkan tangan untuk menolong sesama dan berbagi hidup dengan mereka, maka kita merasakan kebahagiaan yang sangat dalam, kita merasakan bahwa hidup jauh lebih berarti ketika kita memberi dan menolong sesama.

Ketika kita menerima pemberian orang lain, pastilah kita merasa senang. Tapi jika ingin rasa senangnya dua kali lipat lebih banyak, kitalah yang harus memberi. Memberi itu ajaib. Sepertinya apa yang kita miliki berkurang, tapi sesungguhnya kebahagiaan kita akan bertambah. Dan tak lama setelah itu pasti ada pelipatgandaan dari apa yang telah kita tabur. Anda percaya?

Memilih Tempat Menabur (1)
MONDAY, 06 JUNE 2011
Total View : 1821 times

Menabur adalah sebuah keputusan antara hidup dan mati. Bila memilih menabur untuk diri sendiri, kita mengikat tangan Tuhan sehingga Ia tak bisa memberkati kita. Tak ubahnya seperti berdiri di tengah ladang dengan benih di genggaman, kita tidak menanamnya, tapi seraya mengharapkan hasil yang lebih banyak. Benih itu tentu tak bisa tumbuh di tangan kita.

Bagian Alkitab ini mengajar prinsip yang lain: Kita akan melayani dimana kita menabur. Bila menabur ke dalam daging, kita akan mengabdikan diri pada kedagingan; bila menabur untuk Tuhan, kita melayani Tuhan. Kita tak bisa melayani keduanya. Yesus berkata, “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon” (Matiu 6:24).

Menabur Pada Hal Kedagingan

Dalam logika sederhana, menabur dalam daging sama dengan menanam semua milik saya untuk memenuhi kebutuhan sesaat tanpa mengindahkan hal-hal yang sifatnya abadi. Dalam kasus ini, pendapatan saya dihabiskan untuk kenyamanan yang sebagaian besar tidak benar-benar saya perlukan. Saya memilih untuk merasa nyaman atau menyenangkan kedagingan dari pada menyimpan dan menginvestasikan benih yang Tuhan telah berikan bagi saya. Dengan begitu, saya mengabaikan Tuhan dan menyenangkan diri sendiri.

Paulus berkata di Galatia 6, “Allah tidak membiarkan diriNya dipermainkan.” Dengan kata lain, kita tak bisa membodohi Tuhan. Kita bisa mengangkat dagu di hadapan Allah seperti anak yang manja dan tak tahu terima kasih. Sama seperti anak muda yang mengambil uang ayahnya, menghabiskannya di bar dan berakhir di kandang babi mencari ampas makanan (baca Lukas 15:11-18). Kita menyombongkan diri pada Bapa surgawi dengan tidak mengakuinya sebagai sumber dari apa yang kita miliki.

Dengan begitu, kita memilih untuk hidup dengan kekuatan sendiri dan melupakan segala berkat yang telah diberikan Allah. Banyak orang bergumul dalam pertempuran hebat untuk mengatasi kesulitan keuangan. Apa pun yang mereka lakukan, mereka tak pernah bisa mengatasinya. Mereka bekerja keras mencari penghasilan yang tak pernah mencukupi. Masalahnya, mereka memakan benih itu sendiri dan bukan menaburnya kembali bagi Tuhan. Bila tidak ada yang ditaburkan, otomatis tak ada yang bisa dipanen.

Ketika kita menabur dalam kedagingan, dalam kebiasaan berkubang dalam dosa, kita hanya akan mendapatkan lebih banyak kedagingan. Hanya ada satu ujung bagi kedagingan-mengalami kerugian dan mati.

Cukup dengan berjalan dari rumah saja, Anda akan bisa melihat benih yang telah ditaburkan. Gaya hidup mereka menunjukkan bahwa mereka menggunakan benih mereka untuk kesenangan sesaat. Bukannya mereka tak mampu menyimpan dan menabur; mereka cuma tak melakukannya. Mereka menabur benih dengan cara yang tak menghasilkan. Lebih banyak lagi benih terbuang sia-sia pada akhir bulan ketika tagihan telepon datang. Karena semua benih telah habis terpakai, akhirnya mereka tidak bisa membayar tagihan, dan seperti orang bodoh berbicara dengan telpon yang tak aktif lagi.

Menyumbang uang untuk kegiatan yang positif atau pada pengkhotbah di televisi atau pada orang miskin juga tak cukup. Yesus tak pernah tergerak oleh kebutuhan, karena Ia hanya menjalankan perintah BapaNya. Benih kita harus ditabur dalam kerajaan Allah melalui gereja lokal.

Kepada orang miskin kita tak memberi benih, tetapi membagi hasil panen (roti). Alkitab berkata agar kita memberikan roti kepada orang miskin (lihat Yesaya 58:7). Roti adalah apa yang kita miliki di rumah kita, benih adalah milik Tuhan. Benih adalah apa yang kita tabur. Anda tidak bisa memberikan perpuluhan kepada orang miskin dan mengharap panen. Anda bisa memberikan roti hasil panen kepada orang miskin dan Tuhan akan melipatgandakannya. Tetapi bila Anda memberikan benih kepada orang miskin, mereka akan memakannya dan tidak ada lagi untuk ditanam.

Taburlah benih pada hal-hal yang bisa berlipat ganda dengan sendirinya. Hanya benih yang ditaburkan yang dapat dibuat bertambah banyak oleh Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s