Strategi Khusus

Berguru Pada 3 Strategi Perang yang Ampuh dari China

Negara China mempunyai sejarah yang panjang dalam hal peperangan antar kerajaannya. Sehingga banyak orang pintar yang menjadi penasehat perang atau para jendral harus mengadu strategi untuk memenangkan sebuah peperangan.

Diantaranya yang paling terkenal adalah Sun Tsu, Sun Bing, Qin Shi Huang, Liu Bang, Cao-Cao, Zhuge Liang, dll.

Nah tulisan kali ini kita hanya akan membahas 3 strategi perang China jaman dulu yang dikembangkan dan dipraktekkan di jaman modern ini. Kenapa cuma tiga ?

Karena ada ribuan atau mungkin ratusan ribu strategi perang yang mereka terapkan jaman dulu yang tidak mungkin kita bahas satu persatu. Nah apa-apa saja strategi perangnya itu? Mari kita bahas satu persatu.

1. Untuk menaklukan dunia saya tidak perlu memiliki seribu pasukan tetapi saya hanya butuh satu anak perempuan yang paling cantik di negeri ini. (Sun Tzu)

Pada jaman dahulu di negeri China seorang Kaisar dapat memiliki selir hingga mencapai 200 orang. Bagi yang memiliki anak perempuan yang cantik dapat di ajukan ke Kaisar untuk dipersunting sebagai selir.

Nah kalau kita memiliki seorang anak perempuan yang cantik bahkan paling cantik di negeri itu maka otomatis pasti akan dijadikan selir oleh Kaisar. Dan dengan menjadi yang tercantik dari semua selir yang di miliki Kaisar maka tentunya akan menjadi selir kesayangan Kaisar yang mana akan dipenuhi semua permintaannya oleh Kaisar. Jadi dengan begitu kita bisa memerintah kerajaan melalui sang anak.

Jadi inti dari seni perang ini adalah mempergunakan daya tarik wanita atau di negeri China dikenal dengan strategi ” JEBAKAN WANITA CANTIK ”

Bagaimana hal ini dipraktekan di jaman modern ???

Teori ini dikembangkan dengan baik di bidang pemasaran dan politik. Kita bisa lihat bagaimana tenaga-tenaga wanita dijadikan Sales Promotion Girls untuk menarik pembeli atau pengunjung suatu event dan bagaimana tenaga wanita juga dijadikan Lady Escourt yang kerjanya melakukan lobby kepada klien guna memenangkan sebuah tender.

Selain dari pada itu kita juga mendengar wanita dimanfaatkan untuk menghancurkan karir seseorang dengan memakai jasa mereka sebagai pembuat scandal kepada lawan bisnis atau politik.

2. Setelah sampai didaerah musuh bakar kapal dan buang persediaan makan. (Xiang Yu)

Ketika seorang Jendral kejam yang bernama Xiang Yu ingin memaksa anak buahnya berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan maka cara yang ditempuhnya adalah dengan mengancam kelangsungan hidup dari para tentaranya dengan membakar kapal untuk mereka pulang serta membuang semua perbekalan untuk makan mereka.

Sehingga kalau mereka tetap ingin hidup jalan satu-satunya adalah memenangkan perang. Karena kalau mereka dapat memenangkan peperangan berarti mereka dapat merampas semua kebutuhan yang mereka butuhkan dari pihak musuh yang kalah.

Di jaman modern strategi ini dipraktekan di bidang perdagangan atau lebih tepatnya di bidang ketenagakerjaan.

Cara yang dilakukan pengusaha atau perusahaan adalah dengan memberikan gaji yang kecil dan pas-pasan kepada karyawan agar mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka dan baru bisa mencukupi kebutuhan mereka kalau mereka mencapai target yang ditentukan perusahaan dengan imbalan bonus dari pencapaian target.

Jadi dengan gaji yang pas-pasan atau malah kurang, maka tanpa disuruh pun para pegawai mereka akan bekerja mati-matian untuk mencapai target yang ditentukan agar menerima bonus yang dijanjikan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

3. Tempat yang paling aman adalah tempat yang paling berbahaya. (Sam Kok)

Maksudnya adalah ketika melakukan pencurian di istana kaisar maka tempat yang paling aman bersembunyi adalah di istana itu sendiri. Kenapa ??? Karena kebiasaan orang mencuri di istana kaisar pasti sudah lari terbirit-birit dengan memakai jurus langkah sejuta.

Karena kalau ketahuan mencuri akan langsung di hukum pancung atau disiksa sampai mati. Maka dengan tetap di istana bahkan berteriak maling dan ikut serta dalam pencarian pencuri itu maka pasti orang tidak akan menyangka bahwa dialah yang melakukan pencurian karena semua orang tidak akan mempuyai nyali seperti itu.

Dijaman sekarang ini strategi perang ini malah lebih sering kita temukan di Indonesia. Para pejabat atau pemilik kekuasaan yang melakukan korupsi akan lebih dulu teriak maling kepada orang lain dan bertindak seakan-akan ingin memberantas korupsi agar orang menyangka dirinya bersih dari korupsi.

Orang sudah pasti akan berpaling kepada orang yang diteriakan dari pada kepada dirinya yang pura-pura bersih bahkan orang akan mendukungnya atas usahanya memberantas korupsi padahal dialah biang dari korupsi itu.

Dari tulisan diatas kita dapat melihat bahwa strategi perang China jaman dahulu tersebut telah dimodif sedemikian rupa agar dapat dipergunakan di abad modern ini. Tetapi yang sangat disayangkan mereka menggunakannya untuk kepentingan dan keperluan yang negatif.

Pengaruh Air pada 7 Bagian Tubuh

Air adalah komponen utama dalam tubuh manusia, bahkan sekitar 55 persen berat tubuh kita adalah air. Tanpa air makhluk hidup tidak mungkin tumbuh dan berkembang karena air sangat vital untuk reaksi kimia tubuh.

Air harus dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak bisa membuatnya. Untuk mengetahui peran air dalam tubuh kita, simak apa saja pengaruh air pada 7 bagian tubuh berikut ini:

1. Otak

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat daya ingat lebih tajam, mood stabil dan motivasi lebih baik. Jika kecukupan air dalam tubuh baik, kemampuan kita dalam memecahkan masalah juga akan meningkat.

Para ilmuwan menyebutkan kekurangan air akan menyebabkan aliran oksigen ke area otak berkurang sehingga sel-sel saraf menyusut sementara. Tak heran jika orang yang kehausan biasanya sulit berkonsentrasi.

2. Mulut

Air akan menjaga tenggorokan dan bibir lebih basah dan menjaga mulut kekeringan. Kondisi mulut yang kering bisa memicu bau mulut dan rasa yang tidak enak, bahkan gigi berlubang.

3. Jantung

Dehidrasi akan menyebabkan penurunan volume darah sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah agar sel-sel tidak kekurangan oksigen. Akibatnya aktivitas fisik ringan seperti naik tangga atau berlari akan terasa lebih melelahkan.

4. Sirkulasi darah

Tubuh mengeluarkan panas dengan cara melebarkan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit sehingga aliran darah lebih cepat dan panas lebih banyak yang dikeluarkan.

Bila kita kekurangan cairan, dibutuhkan temperatur lingkungan yang lebih tinggi agar pembuluh darah melebar sehingga kita akan tetap kepanasan.

5. Otot

Bila kecukupan cairan terpenuhi, air di dalam dan luar sel yang berfungsi mengkontraksi otot menyediakan nutrisi yang cukup dan proses pembuangan berlangsung efisien sehingga performa tubuh akan baik.

Air juga penting untuk melumaskan sendi. Namun kram otot tidak berkaitan dengan dehidrasi melainkan karena kelelahan otot.

6. Kulit

Jika seseorang menderita dehidrasi berat, kulit menjadi kurang elastis. Kondisi ini berbeda dengan kulit kering, yang biasanya disebabkan karena zat kimia dalam sabun, air panas atau terpapar udara kering. Sayangnya, minum cukup air tidak akan mencegah keriput.

7. Ginjal

Ginjal membutuhkan cairan untuk menyaring “sampah” dari peredaran darah dan membuangnya melalui urin. Kecukupan cairan juga akan membantu mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Dehidrasi berat akan menyebabkan ginjal berhenti berfungsi, sehingga toksin atau racun menumpuk di tubuh.

Be Your Self

Posted: 04 Sep 2011 07:49 AM PDT
Titus 2:7a
Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik.

Hidup adalah seperti sebuah koin. Anda dapat menggunakan hidup anda menurut cara apa pun yang anda inginkan; Tetapi, anda hanya dapat menggunakannya satu kali. Hidup adalah seperti uap yang sebentar kelihatan lalu lenyap.

Beberapa hari sebelum meninggal dunia, George Bernard Shaw diwawancarai oleh seorang reporter. Reporter itu bertanya, “Tuan Shaw, dalam hidupmu kau telah berjumpa dengan beberapa orang terkenal di dunia. Kau telah bersahabat dengan para raja, penulis kenamaan, seniman, dan guru. Seandainya kau dapat hidup kembali dan kau dapat memilih sosok seorang terkenal yang kau kenal atau sosok seorang pribadi dalam sejarah, siapakah yang akan kau pilih?”

George Bernard Shaw menjawab dengan mantap,”Aku akan memilih menjadi George Bernard Shaw dengan segala keinginanku yang belum tercapai.”

Bagaimana sikapmu jika diberi kebebasan untuk menjadi tokoh terkenal? Seorang pengusaha besar, bintang film, olahragawan, atau politisi besar?

Jangan pernah berpikir untuk menjadi orang lain. Bertekadlah menjadi diri anda sendiri, dengan menggunakan secara maksimal semua potensi diri anda.

Mengalami Terobosan-terobosan Supernatural yang Menakjubkan

Pengarang: Lynne Hammond

Alkitab berkata bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah! Bagi manusia kemustahilah adalah sesuatu yang membuat kita bertanya kepada Tuhan, “Bagaimana?” namun Tuhan memahami arti dari kata “Bagaimana” dari setiap situasi yang tidak memberi pengharapan!

clip_image002

Saat Tuhan menyuruh malaikatNya, Gabriel untuk menyampaikan pesan kepada Maria bahwa “Sebuah benih Ilahi akan kau kandung di dalam rahimmu dan pada waktu yang telah ditentukan buah rahim dari benih ilahi itu akan dilahirkan.”

Sebenarnya didalam setiap kitapun Tuhan sedang menaruh benih-benih IlahiNya setiap waktu. Tuhan bisa berbicara kepada roh kita dan memberi kita mimpi atau amanat yang khusus, amanat yang Dia mau kita lakukan bagiNya. Atau mungkin panggilan dari Tuhan yang terdengar melalui dasar hati kita yang paling dalam dan kita tahu bahwa Tuhan sudah menaruhnya disana.

Namun berjalannya waktu kadang-kadang ada “debu” kehidupan yang menimbun benih-benih Ilahi yang sudah ditaruh dalam setiap kita sehingga menyembunyikan atau menghambat benih itu dari perhatian kita. Mungkin kita mulai berhenti untuk memikirkan bahkan kita mulai membiarkan hati kita mengeras sehingga tidak memperhatikannya lagi. Ingatlah bahwa benih-benih yang Dia taruh tetap ada didalam kita dan menunggu waktu yang telah ditentukan untuk bertunas dan menghasilkan tuaian.

Seringkali pada saat Tuhan memberi mimpi atau memanggil kita melalui hati kita. Hal itu terasa seperti telah terjadi ledakan besar dan hal itu menjadi peristiwa yang sangat besar di dalam diri kita. Hal itu bisa terjadi pada saat itu juga tetapi bagaimana jika ternyata mimpi atau hal sejenis yang kita dapatin ini ternyata tak terjadi dihari-hari berikutnya lalu kita mulai bertanya-tanya “darimanakah datangnya mimpi atau hal seperti itu? Mengapa tidak sesuai dengan kenyataan yang sedang kita hadapi saat ini.”

Penulis buku ini menerangkan jika hal diatas dialami oleh kita maka cobalah untuk kita mengintropeksi diri kita apakah mungkin kita sedang mengejar berbagai rencana dan tujuan kita sendiri, dan sekarang kita sedang menuju ke arah yang berbeda dari yang Tuhan sudah tetapkan bagi setiap kita. Karena jika hal ini kita lakukan maka selama hal ini tetap kita lakukan dampaknya adalah benih Ilahi yang Dia taruh dalam setiap kita itu akan tertutupi oleh kesusahan-kesusahan dan kekuatiran-kekuatiran dari kehidupan ini, sekarang dan kelak.

Bersihkanlah tanah yang menutupi benih-benih Ilahi itu dan katakana, “Ya, saya akan mempercayai Hal itu lagi.” Intropeksi diri itu perlu dilakukan dan meresponi Tuhan dengan kebenaranNya bukan kebenaran kita.

Janganlah kita memberontak akan kebenaranNya yang dinyatakan dalam hidup kita, karena tidak peduli betapa kerasnya kita berusaha untuk membuang benih yang Tuhan sudah taruh dalam diri kita, benih itu tetap dalam diri kita karena, benih itu adalah rencana Allah bagi diri kita untuk menyatakan kemuliaan dalam hidup ini. Benih itu yang pada akhirnya membuahkan mukjizat dalam hidup kita…..

Broken Bread

Oleh: Reinhard Bonnke

clip_image002

Roti adalah makanan yang penting bagi tubuh kita. Yesus berkata: “Akulah roti hidup: barang siapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barang siapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi” Yohanes 6:35. Dia tidak hanya memberikan makanan bagi jiwa, tetapi juga menyerahkan diriNya supaya kita dapat hidup dalam kelimpahan.

Dalam seri pertama buku broken bread ini, kita akan menemukan kekuatan bagi jiwa melalui pengajaran yang bijaksana dan firman Allah dari penginjil yang diurapi Tuhan ini, Reinhard Bonnke.

Dalam seri ke empat ini, pokok bahasan yang diberikan adalah:

1. Api Baru dari Surga

2. Kasih Empat Dimensi

3. Yesus di Masa Kini

4. Berani seperti Singa

5. Ya dan Amin

6. Berada di Sisi Pemenang

7. Hidup Kekal

Penulis menjelaskan dalam satu pokok bahasan tentang kata Amin! Apa itu Amin sebenarnya? Amin sebenarnya juga merupakan nama lain dari Allah, pertama di temukan di Yesaya 65:16 (Alkitab terjemahan bahasa Inggris) dimana dikatakan bahwa Allah yang Amin (kebenaran), dan terakhir di Wahyu 3:1, “Amin”. Jadi sebenarnya kata “Amin” bukanlah sekadar sebuah kata mengakhiri doa, atau sejenis basa-basi. “Amin” sesungguhnya tidak pernah menjadi pengakhir doa di Perjanjian Baru, juga kata ini tidak berarti “Dengar! Dengar!” tetapi “Amin” adalah sebuah deklarasi atas sebuah tujuan yang jelas atas apapun yang diucapkan atau doa seorang. Dalam Yesaya 65:16 dikatakan “Sehingga orang yang hendak mendapat berkat di negeri akan memohon berkat demi Allah yang setia [God of Amen], dan orang yang hendak bersumpah di negeri akan bersumpah demi Allah yang setia…” sedangkan didalam kitab Wahyu 3:14 “Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar.”

Allah adalah “Amin”, Ia adalah yang setia dan benar tentang apa yang Ia katakan tentang diriNya. Ia punya nama dan reputasi akan kebaikanNya. Ia punya nama dan reputasi akan kebaikanNya yang tidak pernah berubah. Dalam doanya di 2 Samuel 7:23, Daud berkata bahwa Allah pergi untuk membebaskan umatNya “untuk mendapat nama bagiNya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat…”

Sering kita berdoa , “Tuhan, muliakanlah namaMu yang kudus.” Kita ingin semua orang menghormai dan memuji Dia, tetapi sesungguhnya kita sedang berkata kepada Tuhan untuk mengkonfirmasikan namaNya, buktikanlah siapa diriMu. Didalam Yohanes 17, Yesus berkata , “Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk melakukanNya.” Ya Allah kita adalah Allah yang Amin, punya karakter yang suportif dan tidak pernah tanggung-tanggung.


Roti adalah makanan yang penting bagi tubuh kita. Yesus berkata: “Akulah roti hidup: barang siapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barang siapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi” Yohanes 6:35. Dia tidak hanya memberikan makanan bagi jiwa, tetapi juga menyerahkan diriNya supaya kita dapat hidup dalam kelimpahan.

Dalam seri pertama buku broken bread ini, kita akan menemukan kekuatan bagi jiwa melalui pengajaran yang bijaksana dan firman Allah dari penginjil yang diurapi Tuhan ini, Reinhard Bonnke.

Pokok bahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut :

1. Lipat Dua

2. Tanda-tanda Ajaib dan Mukjizat

3. Operasi Pentakosta

4. Apakah Kebenaran itu?

5. Pengajaran Revolusioner Penyembahan

6. Sesuai dengan Allah

Dalam salah satu pokok bahasan dibuku ini dijelaskan tentang Alkitab dan Roh Kudus. Lukas 14:31 “Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang?” jadi makna yang dapat diambil adalah orang percaya harus tahu apakah sanggup menyerang lawan/setan. Apakah yang dimiliki oleh orang percaya untuk memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni, dan juga mengalahkan kekuatan yang tak bertuhan?

Mengapa dinyatakan diatas seperti itu? Sebab banyak orang yang mengaku dirinya Kristen tidak tahu kekuatan apa yang dimiliki sebagai orang Kristen yang sesungguhnya. Mereka berharap dan berdoa namun karena tidak memiliki keteguhan akan kuasa ilahi yang memegang mereka, merasa tidak nyaman dan menganggap bahwa sesuatu dalam hidup merekalah yang menjadi masalah.

Ingatlah yang dituliskan di Efesus 1:18-19 “Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya”

Jadi sesungguhnya ketidak mengertian kita pada keteguhan akan kuasa ilahi dalam hidup orang percayaNya ,dimana kekuatan yang ada pada kita sebagai orang percaya atau Kristen sejati bukanlah berasal dari diri kita sendiri tetapi berasal dariNya yang memberikan kekuatan kepada orang percaya kepadaNya.

Dalam seri pertama buku broken bread ini, kita akan menemukan kekuatan bagi jiwa melalui pengajaran yang bijaksana dan firman Allah dari penginjil yang diurapi Tuhan ini, Reinhard Bonnke.

Banyak pembaca sangat diberkati oleh pengajaran yang terfokus,membangkitkan, mengairahkan, mengarahkan dan membangun kehidupan rohaninya. Dalam buku ini beberapa pokok bahasan yang diberikan adalah :

1. Allah Beserta Kita

2. Identitas Yesus yang Sebenarnya

3. Hamba Firman Allah

4. Baptisan dalam Roh Kudus

5. Amanat Agung

6. Apa yang Dilihat Abraham

Dalam salah satu pokok bahasan di buku ini, dijelaskan tentang bibir yang Allah pakai. Allah bertanya kepada Nabi Yesaya “Siapakah yang mau pergi untuk Aku?” tetapi dalam kitab Yesaya ini dijelaskan bagaimana nabi Yesaya tahu betapa najis bibirnya sehingga tak layak untuk melayani Tuhan. Hal yang menentukan dia melangkah akhirnya mematuhi panggilan Tuhan adalah saat dia mengatakan ke Tuhan “Ini aku Tuhan, utuslah aku.”

Saat Tuhan memanggil kita, responilah dengan sikap hati yang benar. Tuhan tak pernah salah dalam bertindak. Tuhan lebih berkenan kepada ketaatan daripada korban itu sudah dinyatakanNya sebab itu saat kita akui kesalahan dan kelemahan kita dan berbalik dari jalan-jalan kita yang salah maka Dia akan sempurnakan kita.

2 korintus 6:1 menyebutkan “teman-teman sekerja”, dengan kata lain, Allah adalah pekerja. Dengan Allah kita bisa menikmati persekutuan. Kita perlu mengetahui rasanya memiliki teman sekerja seperti itu. Tuhan kita adalah yang memulai sesuatu hubungan bahkan Dia rela memberikan nyawaNya untuk tebus kita, sehingga ada pemulihan hubungan kita denganNya. Jika kita menginginkan persekutuan yang sejati denganNya maka kita sebaiknya mengetahui siapa Dia atau hubungan rekanan tersebut akan menjadi tidak nyaman. Sebagai mana rasul Paulus berdoa, “Yang kuhendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya” Filipi 3:10. Tuhan Yesus adalah satu-satunya Juruselamat. Itulah kerinduanNya yang pertama dan terbesar yang Dia mau kita semua lakukan yaitu mengenal Dia dengan benar.

Dalam seri pertama buku broken bread ini, kita akan menemukan kekuatan bagi jiwa melalui pengajaran yang bijaksana dan firman Allah dari penginjil yang diurapi Tuhan ini, Reinhard Bonnke.

Pokok bahasan yang akan didapati dari buku ini adalah:

1. Iman di atas iman

2. Api Tuhan

3. Anak yang Menyukakan Hati

4. Kemuliaan Kristus

5. Visi adalah Wahyu

6. Yesus dan KewajibanNya

7. Iman dan Penginjilan

8. Kebangkitan-Kebenaran tentang Surga

9. Alkitab-Kotak Obat

Dalam salah satu pokok bahasan di buku ini dijelaskan tentang tuntunan Allah yang selalu benar! TuntunanNya selalu benar tidak pernah mendadak, berlambat-lambat, tetapi memiliki tujuan yang jelas. Hari demi hari jika kita melakukan dengan kekuatan sendiri maka kita akhirnya akan berputar-putar,bersusah payah. Yeremia 10:23 mengatakan “Aku tahu, ya Tuhan, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya.” Sebab itu Tuhan Yesus mengatakan kepada kita untuk mengikuti Dia! Mengarakan mata pada perubahan minat, mode, atau cita-cita dalam hidup ini adalah ide yang buruk sekaligus gila. Dalam mengikuti Dia memang diperlukan hati yang sepenuhnya bersandar kepadaNya.

Kedekatan kita denganNya membuat kita peka akan tuntunanNya. Allah akan menuntun kita, langkah demi langkah, selalu positif, melewati sepanjang hari, dan dalam seluruh tindakan kita. Ibrani 12:2 “Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.”

Ya, Tuhan akan menuntun kita ke mata air kehidupan dan kekudusan melalui kalvari.PengorbananNya ini dilakukan karena ketaatan kepada Allah Bapa, yang berdampak kepada pemulihan hubungan kita dengan Allah Bapa,yang membawa pengharapan bagi kita, kehidupan kekal bersamaNya. Mikha 7:18 “Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?” Dia mengajarkan kita untuk meneladaniNya, memiliki karakterNya, dan itu hanya didapati lewat keintiman denganNya. TuntunanNya itulah yang menguatkan setiap kita.

selamat menyimak !!!

Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, anak perempuan yang sedang bekerja diperantauan, anak perempuan yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri, anak perempuan yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya…..akan sering merasa kangen sekali dengan ibunya.

Lalu bagaimana dengan Ayah?

Mungkin karena ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyata ayah-lah yang mengingatkan Ibu untuk menelponmu?

Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Ayah bekerja dan dengan wajah lelah Ayah selalu menanyakan pada Ibu tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil…… Ayah biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda. Dan setelah Ayah mengganggapmu bisa, Ayah akan melepaskan roda bantu di sepedamu…

Kemudian Ibu bilang : “Jangan dulu Ayah, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Ibu takut putri manisnya terjatuh lalu terluka….
Tapi sadarkah kamu?

Bahwa Ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Ibu menatapmu iba.. Tetapi Ayah akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”

Tahukah kamu, Ayah melakukan itu karena Ayah tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek, Ayah yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata :
“Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Ibu yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Ayah benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja….
Kamu mulai menuntut pada Ayah untuk dapat izin keluar malam, dan Ayah bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Ayah melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Ayah, kamu adalah sesuatu yang sangat – sangat luar biasa berharga..

Setelah itu kamu marah pada Ayah, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu…
Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Ibu….
Tahukah kamu, bahwa saat itu Ayah memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Ayah sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?

Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu,

Ayah akan memasang wajah paling cool sedunia…. :’)
Ayah sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..

Sadarkah kamu, kalau hati Ayah merasa cemburu?
Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Ayah melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.

Maka yang dilakukan Ayah adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir…
Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut – larut…
Ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Ayah akan mengeras dan Ayah memarahimu.. .
Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Ayah akan segera datang?

“Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Ayah”
Setelah lulus SMA, Ayah akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Sarjana.
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Ayah itu semata – mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti…
Tapi toh Ayah tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan Ayah..

Ketika kamu menjadi gadis dewasa…..Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain…
Ayah harus melepasmu di bandara.

Tahukah kamu bahwa badan Ayah terasa kaku untuk memelukmu?
Ayah hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini – itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal Ayah ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.

Yang Ayah lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata “Jaga dirimu baik-baik ya sayang”.
Ayah melakukan itu semua agar kamu KUAT…kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.
Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Ayah.

Ayah pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.
Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan Ayah tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan….

Kata-kata yang keluar dari mulut Ayah adalah : “Tidak….. Tidak bisa!”
Padahal dalam batin Ayah, Ia sangat ingin mengatakan “Iya sayang, nanti Ayah belikan untukmu”.

Tahukah kamu bahwa pada saat itu Ayah merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.
Ayah adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.
Ayah akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang”

Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pada Ayah untuk mengambilmu darinya.
Ayah akan sangat berhati-hati memberikan izin..
Karena Ayah tahu……

Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.

Dan akhirnya….
Saat Ayah melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, Ayah pun tersenyum bahagia…..
Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Ayah pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?

Ayah menangis karena papa sangat berbahagia, kemudian Ayah berdoa…..
Dalam lirih doanya kepada Tuhan, Ayah berkata:

“Ya Allah, ya Tuhanku …..Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita dewasa yang cantik….
Bahagiakanlah ia bersama suaminya…”

Setelah itu Ayah hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk…
Ayah telah menyelesaikan tugasnya menjagamu …..

Ayah, Bapak, atau Abah kita…Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…
Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…
Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .

Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s